Ini Fitur yang Diusung PS5

Ragam

Senin, 14 Oktober 2019 | 09:08 WIB

191014090935-ini-f.jpg

thesun.co.uk

Sony akhirnya mengkonfirmasi hadirnya PlayStation 5 untuk rilis di musim liburan 2020 mendatang. Sony bahkan telah mengungkap beberapa detil soal apa saja kecanggihan yang diusung oleh suksesor PS4 ini dalam sebuah wawancara dengan Wired pada April lalu.

Berbagai hal soal chip hingga hardware diteaserkan oleh Sony. Ini prediksi deretan fitur terbaik yang akan dibawa oleh PlayStation 5 seperti dilansirkan merdeka.com dari Business Insider.

1. Grafis Lebih Baik

PS5 akan memberi perubahan dasar soal grafis. Pasalnya, PS5 disebut akan mengusung chip pemrosesan grafis baru, yang menggunakan prosesor dari AMD berbasis lini terbarunya yakni Ryzen. lalu kartu grafisnya akan menggunakan Navi besutan Radeon.

Chip ini belum dirilis hingga saat ini, jadi kita tentu mengharapkan grafis yang jauh lebih baik dari yang ada saat ini.

2. Kecepatan Tinggi, Hingga Tak Ada Loading

PS5 disebut akan mengusung solid state drive. Ini adalah hardware yang lebih cepat ketimbang hard disk tradisional. Dengan drive storage baru ini, loading gim yang biasanya memakan waktu 15 detik, berkurang jadi tak sampai satu detik saja. Jadi, PS5 tak akan lagi mengenal istilah loading.

3. Resolusi 8K

PS5 disebut akan mampu memproduksi konten beresolusi hingga 8K. Konten 8K masih belum terlalu 'mainstream' di kalangan pengembang gim, terlebih lagi pengguna pun masih banyak yang bahkan belum menggunakan televisi 4K.

Hal ini hanya berupa pembuktian agar PS5 bisa digunakan selama bertahun-tahun, hingga pengembang gim mengembangkan gim 8K, serta televisi 8K jadi lebih mainstream dan harganya tak lagi 'gila.'

4. Konten "Ray Tracing"

PS5 akan mendukung konten visual berupa Ray Tracing. Ini adalah sebuah konten visual yang pada dasarnya adalah "pencahayaan yang lebih kuat."

Hal ini akan membuat pencahayaan virtual di deretan gimnya akan leih natural dan jauh lebih imersif dari sebelumnya.

5. Bisa Digunakan Untuk Gim PS4

Kompatibilitas mundur, atau istilah di mana gim lawas bisa diterapkan di konsol baru, adalah hal yang sangat penting di konsol gim apapun. Dari sini, Sony menyematkan kemudahan tersebut dengan dukungan gim PS4 dimainkan di PS5.

PS5 sendiri juga diprediksi bisa menerapkan semua gim yang tidak berbasis disk.

6. Dukungan PlayStation VR

PlayStation VR akan dirilis dalam versi baru yang lebih baik di aspek higher-fidelity untuk PS5. Namun headset PlayStation VR yang ada untuk PS4 pun masih akan berfungsi dengan baik di PS5.

PS5 juga akan mendukung kontroler PlayStation Move dan juga PlayStation Camera. Keduanya adalah komponen penting di sistem PlayStation VR.

7. Kontroler Dengan Haptic Feedback

Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment yakni Jim Ryan, sempat berbagi informasi terbaru soal kontroler atau joystick terbaru untuk PS5. Disebut, kontroler akan menggunakan haptic feedback, menggantikan vibrasi tradisional.

Feedback haptic ini akan membuat feedback lebih responsif dan sensitif yang menyesuaikan berbagai kondisi gim. Jadi, akan ada feedback yang berbeda antara ketika bermain gim racing dan gim first person shooter yang menembakkan pistol.

Disebut pula, kontroler juga akan memiliki trigger adaptif yang akan diprogram sesuai tingkat ketegangan gim. Jadi, feedback akan punya getaran berbeda tergantung ketegangan aksinya.


Editor: Dadang Setiawan



  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA