Kontes Kopi Specialty Indonesia 2019 Bakal Diadakan di Bandung

Ragam

Minggu, 13 Oktober 2019 | 19:38 WIB

191013173914-konte.jpg

trubus


JAWA Barat menaruh harapan besar pada komoditas kopi dari membantu para petani kopi hingga memperkaya wisata kuliner. Apalagi, banyak upaya telah dilakukan untuk mengangkat eksistensi kopi Jabar di mata dunia, salah satunya melalui even Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI).

KKSI merupakan acara tahunan yang telah digagas sejak 2008 oleh AEKI dan kerja samanya dengan PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api), PT Excelso Multirasa, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, serta BPD AEKI DKI Jaya. Kompetisi kopi ini dinilai dapat mendukung pemantapan dan pengembangan produksi kopi di Indonesia, terlebih untuk pasar ekspor dan pasar domestik.

Tahun ini, teknis penyelenggaraan acara KKSI dikoordinir oleh PT Langit Biru Maharaya. Adep Husni, selaku promotor acara mengatakan, peserta yang terdaftar dalam KKSI ke-11 berasal dari perorangan, kelompok tani, koperasi perusahaan, dinas pemerintah, lembaga penelitian, coffee shop, hingga eksportir kopi.

"Mereka bersaing melalui dua tahap proses seleksi hingga menyisakan 15 peserta. Acaranya digelar pada 17-19 Oktober 2019 mendatang di Gedung Sabilulungan Bandung. Yang dilakukan ada dua tahap," katanya kepada wartawan, Minggu (13/10/2019).

Adep menyebut, tahap awal peserta harus mengirimkan sampel kopi. Kemudian, akan diambil 15 kopi terbaik dengan urutan skor tertinggi oleh PPKI di Jember. Sementara seleksi kedua atau tahap akhir ini akan dilakukan di Bandung pada tanggal 19 Oktober mendatang

"Dalam penilaiannya oleh juri nanti, ke-15 peserta akan diberikan penghargaan berdasarkan masing-masing kelompok produk kopi seperti arabica, robusta, dan natural, pun akan diberikan uang pembinaan hingga Rp 10 juta," katanya.

Selain kompetisi, dalam kesempatan yang sama akan dilaksanakan pula Pasar Kopi. Pasar ini sengaja digelar untuk mempertemukan para produsen kopi dan coffee shop untuk melakukan jual beli kopi, bekerja sama, terutama untuk memperluas jaringan.

"Pasar Kopi ini dibuka untuk umum sehingga para pengunjung bisa melihat kegiatan secara langsung. Peminat kopi dapat melakukan cupping terlebih dahulu terhadap kopi yang akan diminati dan peserta dapat melakukan uji cita rasa terhadap kopi-kopi yang akan dihasilkan oleh berbagai negara," jelasnya.

Produk-produk kreatif kopi Indonesia akan diperkenalkan melalui event ini dan bisa menjadi wadah bagi interaksi bisnis para pelaku industri kopi di Indonesia dan dunia. Secara tak langsung, imbuhnya, acara ini bermaksud untuk mempromosikan kopi-kopi Indonesia yang bercitrarasa baik.

"Tentunya acara uni akan meningkatkan kedatangan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik ke daerah penghasil kopi di Indonesia. Gelaran ini pun diharapkan dapat melahirkan kopi-kopi berkualitas serta mendorong agar kopi specialty di Indonesia dapat terus mempertahankan cita rasanya," tuturnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA