Perempuan Pun Disunahkan Mandi di Hari Jumat?

Ragam

Jumat, 20 September 2019 | 04:05 WIB

190919222945-perem.jpg

dokumen galamedianews.com

PADA hari Jumat, sejak terbit fajar hingga hingga sebelum berangkat salat Jumat, seseorang disunnahkan mandi Jumat terlebih dahulu. Umumnya, yang melakukan mandi Jumat ini adalah kaum laki-laki karena mereka hendak melaksanakan salat Jumat di masjid.

Namun bagaimana dengan kaum wanita, apakah mereka juga disunnahkan mandi Jumat?

Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu telah menjelaskan masalah ini. Setidaknya, ada dua pendapat ulama mengenai hukum mandi Jumat bagi wanita.

Pertama, jika wanita tersebut ingin ikut melaksanakan salat Jumat di masjid, maka disunahkan untuk mandi Jumat. Sebaliknya, jika tidak ingin menghadiri salat Jumat, maka tidak disunnahkan mandi Jumat baginya. Ini adalah pendapat kebanyakan ulama dan merupakan pendapat yang shahih.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Siapa yang menghadiri Jumatan, baik lelaki maupun wanita, hendaknya dia mandi. Dan siapa yang tidak mendatangi jumatan, maka dia tidak wajib mandi, baik lelaki maupun wanita."

Hadis ini berisi anjuran bagi laki-laki dan wanita untuk mandi Jumat jika hendak melaksanakan salat Jumat.

Kedua, meskipun wanita tidak hendak melaksanakan salat Jumat di masjid, dia tetap disunnahkan mandi Jumat. Hal ini karena hari Jumat disamakan dengan hari raya, sehingga setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, disunnahkan untuk mandi. Ini adalah pendapat Imam Al-Mutawalli.

Dalam kitab Al-Majmu, Imam Nawawi mengatakan, Disunnahkan (mandi Jumat) baik orang yang hendak menghadiri salat Jumat dan lainnya. Hal ini karena hari Jumat seperti hari raya. Ini bisa disaksikan dari apa yang dihikayahkan oleh Imam Al-Mutawalli dan lainnya.

Wallahu A'lam.

Editor: H. D. Aditya



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA