Amalan Ringan Sebelum Salat Subuh di Hari Jumat

Ragam

Jumat, 20 September 2019 | 03:05 WIB

190919222429-amala.jpg

dokumen galamedianews.com

PADA hari Jumat, baik siang atau malam, dianjurkan untuk memperbanyak zikir, baca Alquran, dan membaca salawat. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk bersedekah dan melakukan kebaikan yang lain.

Semua hal yang baik di luar Jumat, kita tingkatkan lagi saat masuk malam Jumat. Yang biasanya membaca salawat 100 kali dalam sehari, maka tambah ditingkatkan pada hari Jumat. Bagi yang biasanya salat witir 3 rokaat, maka sempurnakan sampai 11 rokaat pada malam Jumat.

Imam Nawawi berkata dalam Al-Adzkar (h. 80), (Pada Hari Jumat) hendaknya zikir ditingkatkan. Membaca salawat juga perlu di-upgrade pada hari Jumat.

Intinya, amalan hari Jumat harus dibedakan dengan amalan di hari-hari yang lain. Lebih-lebih pada waktu subuh hari Jumat, kita harus mengamalkan sesuatu yang memang diamalkan oleh nabi dan para ulama. Ada amalan ringan sebelum salat subuh yang biasa dilakukan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam di waktu subuh hari jumat,

Astaghfirullaha alladzi lailaha illa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaihi.

"Hamba memohon ampun Ya Allah. Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Dia. Dzat yang Hidup, lagi berdiri dengan dzat-Nya sendiri dan aku bertobat padanya."

Amalan tersebut dibaca sebelum salat subuh di hari Jumat sebanyak tiga kali. Faedahnya, dengan membaca amalan tersebut, maka semua dosa akan diampuni walau seperti buih lautan.

Adapun sumber dari amalan tersebut adalah hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni, dari sahabat Anas ra., "Barang siapa pada hari Jumat sebelum salat subuh membaca “astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaihi” sebanyak tiga kali, maka seluruh dosanya akan diampuni walau seperti buih lautan.". (Al-Adzkar, Hal. 80).

Walllahu A’lam.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA