Menghilangkan Pandangan Jin saat Masuk WC

Ragam

Rabu, 18 September 2019 | 00:07 WIB

190917222744-mengh.jpg

9gag.com

Toilet termahal di dunia.

MUNGKIN banyak orang muslim yang sudah mengetahui bahwa toilet adalah tempat berkumpulnya para jin. Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam As yang tinggal di bumi. "Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal," kata iblis.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, "Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban)." (HR Bukhari).

Oleh sebab itu, kamar mandi pun menjadi tempat tinggal jin dan sebangsanya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, “Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri (oleh setan), jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC),” (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah).

Dalam hadits Zaid bin Arqam radiyallohu ‘anhu, dan selainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad (4/373), Ibnu Majah (296), Ibnu Hibban ( 1406), Al Hakim (1/187) dan selainnya bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, ”Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Lalu dahulukanlah kaki kiri saat masuk toilet dan kaki kanan saat keluar. Karena kamar mandi pada dasarnya merupakan tempat yang kotor.

Jin memang tidak terlihat, tetapi mereka bisa melihat manusia. Dengan membaca doa tersebut, jin beserta bangsanya tertutup pandangannya sehingga tidak dapat melihat manusia ketika sedang di dalam toilet.

Sehubungan hal itu, sebaiknya janganlah berlama-lama di toilet karena itu menjadi tempat yang banyak terjadinya gangguan jin. Tetaplah menjaga kebersihan toilet dan membaca doa setiap masuk toilet.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA