Mengucapkan Salam Berarti Juga Menyebarkan Asma Allah?

Ragam

Selasa, 17 September 2019 | 00:07 WIB

190916174201-mengu.jpg

Net

SALAM, menurut Kamus Bahasa Indonesia, artinya damai; pernyataan hormat; dan ucapan "assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh".

Dalam perspektif Islam, mengucapkan salam "assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh" --atau ringkasnya "assalamu'alaikum"-- artinya menyampaikan pesan damai, rasa hormat, dan doa.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh artinya "semoga keselamatan, keberkahan, dan kasih sayang (rahmat) dari Allah SWT menyertai Anda/kalian".

Allah Ta'ala berfirman, "Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah pengormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu" (QS. An-Nisaa' : 86)

Allah Ta'ala pun berfirman, "Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah "Salam sejahtera dari segala bencana " dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka". (QS. Al-Ahzab : 44).

Dalam surat QS An-Nisa ayat 86, Allah mengingatkan kita, jika ada yang mengucapkan salam, maka jawablah dengan proporsional (seimbang) dan lebih baik lagi jika kita "lebihkan". Misalnya, ada yang mengucapkan "Assalamu'alaikum", maka minimal kita jawab "Wa'alaikum salam", dan lebih baik lagi jika kita jawab "Wa'alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh". Semakin lengkap ucapan salam kita, maka kian baik dan makin besar pahalanya.

Imran bin Hushain ra mengisahkan, ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan mengucapkan "Assalamualaikum" Setelah itu, beliau berkata: "Sepuluh" (maksudnya, pahalanya 10). Kemudian ada yang datang lagi lainnya mengucapkan: "Assalamualaikum warahmatullahi". Beliau berkata, "Dua puluh". Selang beberapa waktu kemudian, ada yang datang lagi dengan mengucapkan, "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh". Dan Rasulullah berkata: "Tiga puluh". ( HR. Daud dan Tirmidzi).

Salam merupakan salah satu akar kata ISLAM, yang artinya damai dan menebarkan kedamaian dan keselamatan. Salam juga termasuk nama indah Allah SWT (Asmaul Husna).

Dari Ibnu Mas'ud ra, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "As-Salam termasuk salah satu asma Allah Ta'ala yang diletakkan Allah dibumi, maka sebarkanlah. Karena apabila orang muslim melewati sekelompok orang, lalu ia memberi salam kepada mereka, maka ia memiliki kelebihan satu derajat di atas mereka dengan mengingatkan salam kepada mereka. Jika mereka tidak menjawabnya, maka ia dijawab oleh yang lebih baik dari mereka (yakni para malaikat)" (HR. Al-Bazzar dan Baihaqi).

Karena salam adalah salah satu nama dari nama-nama Allah, kalimat ‘Assalaamu ‘alaik’ juga bisa berarti "Allah bersamamu" atau "engkau dalam penjagaan Allah" --sehingga keselamatan pun menyertaimu.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA