Toilet Emas Rp 87 Miliar Raib Dicuri dari Istana Blenheim Inggris

Ragam

Senin, 16 September 2019 | 13:00 WIB

190915150159-toile.jpg

dailymail

Toilet emas 18 karat senilai £ 5 juta atau Rp 87 miliar hilang dicuri dari Istana Blenheim semalam. WC emas tadi mulai dipamerkan sekal dua hari lalu dan dirancang oleh seniman kontroversial Italia, Maurizio Cattelan. Dikutip dari DailyMail kemarin, toilet luks tadi  dipasang sebagai bagian dari pameran di Istana Oxfordshire, tempat kelahiran mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada bulan November 1874.

Selain supermewah toilet tadi hanya pajangan tapi juga bisa digunakan. Pengunjung Istana Blenheim dapat menggunakannya  dengan syarat tak lebih dari tiga menit. Polisi Thames Valley mengonfirmasi kabar mengenai pencurian toilet ini  dan menyebut seorang  pria berusia 66 tahun  ikut ditangkap dan kini berada dalam tahanan polisi.

Gone!

Istana Blenheim.

Dominic Hare, kepala eksekutif Istana Blenheim kepada BBC mengatakan toilet puluhan miliar itu bagian yang sangat berharga dari istana. Dia juga mengaku syok dengan pencurian toilet emas padat itu. "Staf langsung menyadari apa yang terjadi dan polisi juga datang dengan sangat, sangat cepat," tambahnya.

Hare menambahkan selama ini pihaknya memiliki pengaturan keamanan yang canggih. "Tapi ieristiwa dalam 24 jam terakhir menjukkan ada yang harus dipertimbangkan kembali terkait beberapa sistem keamanan kita," katanya. Sementara itu Inspektur Detektif Jess Milne menyebut pihaknya melakukan pernyelidikan dengan berbagai petunjuk termasuk CCTV.

Dicuri subuh.

Pernyataan resmi pihak istana.

Selain karya seni toilet emas padat yang berfungsi ini dibuat oleh Cattelan untuk Solomon R. Guggenheim Museum di New York. Lebih dari 100.000 orang antre untuk menggunakannya sejak pertama kali dipamerkan.

Kini setelah lebih dari 20 tahun, Cattelan menggelar pameran solo pertama di Inggris, toilet dengan menyertakan  karya-karya paling kontroversial di antaranya toilet emas. Ada juga kuda yang diawetkan Novecento, patung Adolf Hitler yang tengah berdoa dan replika realistis Paus Yohanes Paulus II.

Koleksi lain yang turut dipamerkan.

Salah satu sudut istana.

Keterangan terakhir aparat Thames Valley para pelaku meninggalkan tempat kejadian sekitar pukul 04.00 pagi. Diperkirakan pelaku menggunakan setidaknya dua kendaraan. “Kami masih  melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menemukannya dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan,” ujar detektif Maine.

Di luar itu akun Twitter, Istana Blenheim mengumumkan menyusul pencurian ini istana akan ditutup untuk sementara. “Karena insiden yang tidak terduga Istana tutup hingga  siang tetapi taman tetap dibuka. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.”

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA