Diprotes Penderita Trypophobia, Miliki Tiga Kamera iPhone 11 Dituding Picu Fobia Lubang

Ragam

Selasa, 17 September 2019 | 09:28 WIB

190915143023-iphon.jpg

dailymail

Sejumlah penderita trypophobia atau  ketakutan akan objek berupa lubang mengaku kecewa berat dengan desain iPhone 11 Pro baru. Ini karena tiga kamera serta dua titik mikrofon dan torch di bagian belakang produk teranyar Apple itu diklaim memicu fobia mereka.

Trypophobia menyebabkan penderita jijik hingga mual kala melihat benda berlubang karena mengingatkan mereka pada bentuk ketakutan lain yang berbeda untuk setiap penderita. Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, iPhone Pro diperkenalkan Apple pada even resmi  di Cupertino, California pekan lalu.

Here it is..

Err.. nope!

Creepy?

Trypophobia yang juga disebut fobia pada pola berulang mulai dikenal pada tahun 2005. Meskipun tidak diakui secara resmi oleh beberapa psikolog, ribuan orang mengaku takut terhadap benda-benda dengan lubang kecil, seperti sarang lebah, lubang semut dan biji teratai. Mereka mengalami  reaksi intens ketika mereka melihat benda sehari-hari atau  hewan dengan pola tadi. 

Selain itu studi baru menunjukkan trypophobia kemungkinan lebih merupakan ketidaksukaan atau perasaan jijik yang ditimbulkan oleh onjek dengan bentuk melingkar. Gejala yang dirasakan di antaranya  mual, gatal, berkeringat, mata tegang dan gemetar.

Fobia pola repetitif.

Really?

Sementara itu psikiater Juan Carlos Martínez-Aguayo menyebut ketakutan biasanya terkait akan kecemasan selain gangguan depresi berat. Fobia dapat bermanifestasi dalam bentuk jijik, ketakutan atau keduanya. Tidak jelas  bagaimana trypophobia ekstrem bisa muncul namun penelitian menyebut  15 persen dari populasi menderita trypophobia.

Dan apa pun itu sejumlah netizen yang mengaku menderita trypophobia mengungkapkan unek-uneknya di sejumlah platform media sosial termasuk Twitter.

Is it coconut?

Let's call or cook..

Anyone into bowling?

“iPhone 11 dengan semua kamera di belakang membuatku mual dan ingin keluar saja dari tubuhku..”, "Ini sangat menjijikkan bagiku!", “Jika kalian  datang ke klub dan mengajak berselfie dengan iPhone 11 jangan salahkan kau jika sampai muntah...” Demikian di antara komentar yang bermunculan. Selain itu ada pula yang tak suka desain kamera iPhone 11 karena dianggap konyol mirip kelapa hingga bola boling dan kompor listrik.

Well..

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA