Di Malaysia, Merokok di Ruang Publik Dihukum Bersihkan Toilet Umum

Ragam

Kamis, 12 September 2019 | 15:37 WIB

190912153945-di-ma.jpg

dok/net

Ilustrasi

MENTERI Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr Dzulkefly Ahmad, baru saja mengumumkan hukuman bagi orang yang merokok sembarangan atau di area bebas asap rokok adalah melakukan pekerjaan sosial seperti mengumpulkan sampah, memotong rumput dan membersihkan toilet umum.

Ia mengatakan, hukuman bagi pelanggar tak cukup dengan bayar denda saja karena membuat orang kaya atau mereka yang berkecukupan merasa bisa lolos begitu saja.

Baca Juga: Di Taiwan, Merokok di Tempat Umum Bisa Didenda Rp 4,53 Juta

Dikutip dari media lokal Malaysia, Asrto Awani, meski belum ada tindakan besar yang diambil untuk mengimplementasikan kebijakan ini, Menkes Malaysia telah mendorong pihak untuk segera menerapkan hukuman kerja sosial ini.

"Departemen Kesehatan (Malaysia) ingin memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan cara menghormati larangan untuk tidak merokok di tempat umum," demikian ditulis pada situs tersebut yang dirilis detik.com.

Baca Juga: Viral Video Bocah Merokok di Tengah Pertandingan Bola, Ternyata Ayah dan Anak

Sebelumnya, diberitakan bahwa perokok yang tertangkap merokok di daerah terlarang atau area bebas asap rokok adalah denda berupa uang maksimal Rp 33 juta rupiah atau kurungan penjara selama dua tahun.

Untuk di Indonesia sendiri, ketahuan merokok sembarangan atau di kawasan dilarang merokok seperti di tempat umum, tempat pelayanan kesehatan, tempat belajar mengajar, tempat ibadah, tempat bekerja, arena kegiatan anak-anak dan angkutan umum akan dikenai sanksi pidana kurungan 6 bulan dan denda paling banyak Rp 50 juta.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA