Ini Alternatif Lain Sarapan Pagi Selain Minum Kopi

Ragam

Rabu, 11 September 2019 | 08:56 WIB

190911085717-ini-a.jpg

KONSUMSI kopi yang dilakukan pada pagi hari merupakan kebiasaan yang tak asing bagi banyak orang. Cara ini sudah menjadi kebiasaan untuk memulai hari dan meningkatkan semangat.

Walau konsumsi kopi ini merupakan hal yang sudah menjadi kebiasaan, namun tak ada salahnya mencoba alternatif lain. Pilihan konsumsi atau hal lain bisa jadi pilihan bagimu selain konsumsi kopi di pagi hari.

Konsumsi kopi ini memiliki sejumlah dampak yang mungkin muncul bagi tubuh. Kebiasaan minum kopi terutama yang manis bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut.

Selain itu, kopi juga bisa mendorong kelenjar adrenalin untuk melepaskan kortisol setiap kali kamu mengonsumsinya. Walau dalam jumlah sedikit hal ini tidak berbahaya, konsumsi kopi dalam jumlah besar bisa menghadirkan masalah.

Banyaknya kortisol di dalam tubuh bisa meningkatkan glukosa di dalam darah. Kelebihan glukosa yang ada di dalam tubuh ini bisa berujung menjadi lemak tubuh.

Masalah lain yang bisa terjadi dari konsumsi kafein berlebihan adalah terganggunya pola tidur, memperburuk kecemasan yang kamu miliki, serta membuat kulit mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah kopi yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk membatasi jumlah kopi ini, terdapat sejumlah hal lain yang bisa kamu konsumsi atau lakukan untuk memberi semangat di pagi hari. Dilansir dari Her, berikut sejumlah hal yang bisa coba kamu lakukan sebagai pengganti kopi.

Cokelat Panas
Mengonsumsi kopi panas di pagi merupakan hal yang bisa membuat kamu merasa nyaman. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih cokelat panas untuk minuman yang kamu konsumsi di pagi hari. Minuman ini terutama jika tidak ditambahi gula, memiliki kalori lebih rendah dan tidak menimbulkan dampak seperti kafein.

Apel
Jika kamu butuh mengonsumsi kopi untuk membuat mata menjadi terbuka, sebuah penelitian mengungkap bahwa hal ini bisa kamu peroleh secara efektif dengan konsumsi apel. Kandungan fruktosa pada apel memberi gula alami yang bisa bertahan lebih lama di tubuh dibanding espresso.

Minum Air Saat Bangun Tidur
Ketika baru bangun tidur, segera konsumsi air minum. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan sejumlah masalah yang tersisa pada sistem tubuh. Hidrasi air minum juga bisa membuatmu berpikir lebih jelas dan meningkatkan fokus.

Wewangian Minyak Esensial
Menghirup wewangian dari minyak esensial bisa membantumu lebih terbangun. Kamu bisa memiliki minyak basil, rosemary, lemon atau peppermint sebagai wewangian sembari melakukan kegiatan lain seperti sarapan atau bersiap.

Berolahraga
Aktif bergerak maupun berolahraga di pagi hari bisa menjadi cara yang jauh lebih sehat untuk menggantikan kopi. Berjalan di udara segar luar ruangan juga bisa membuat pernapasanmu lebih lega dan pikiran menjadi tenang.

Sejumlah cara tersebut bisa menjadi alternatif pengganti kopi pagi hari yang kamu nikmati. Walau begitu, tidak masalah jika kamu tetap mengonsumsi kopi asal dalam jumlah yang wajar dan tak berlebihan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA