Ini Keutamaan Melakukan Amalan Dzikir Pagi dan Petang

Ragam

Kamis, 22 Agustus 2019 | 04:31 WIB

190821232955-ini-k.jpg

dokumen galamedianews.com

DI antara amaliyah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin adalah berdzikir. Secara bahasa dzikir artinya "ingat". Sedangkan secara istilah adalah mengingat Allah dengan bacaan dzikir sesuai yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam.

Dzikir juga merupakan sebagai media komunikasi atau penghubung antara hamba dengan Allah. Dengan dzikir, manusia akan merasakan ketenangan dan kedamaian tersendiri setelah menjalani kehidupan dunia yang penuh hingar bingar ini.

Dzikir dan doa yang disyariatkan bagi seorang muslim dalam sehari semalam adalah dzikir pagi petang. Bahkan dzikir jenis ini merupakan dzikir yang terikat dengan waktu yang paling banyak disebutkan dalam dalil-dalil, baik konteks dalil tersebut adalah mendorong seorang muslim mengucapkannya maupun konteksnya menyebutkan macam-macam dzikir yang diucapkan pada dua waktu yang utama ini (pagi dan petang).

Lalu apakah keutamannya melakukan amalan ini? Mari kita simak.

1. Disertai Allah SWT

Dari Abu Hurairoh r.a berkata: Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda (Allah berfirman: AkU beserta hamba-Ku selama ia mengingat-Ku (dzikir kepada-Ku) dan menggerakkan dua bibirnya untuk-Ku). (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban, Imam Bukhori menyebutnya Mu’allaq).

2. Selamat dari siksa Allah SWT

Dalam hadits lain disebutkan, dari Muadz bin Jabal r.a berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah anak Adam beramal suatu amalan yang lebih menyelamatkannya dari siksa Allah daripada ingat Allah (Dzikir kepada Allah)." (HR. Ibnu Syaibah dan At-Thabrani dengan sanad hasan).

3. Dikepung malaikat dan rahmat

Dari Abu Huroiroh r.a berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu majlis yang di dalamnya menyebut (Dzikir) nama Allah, melainkan malaikat mengepungnya dan rahmat menyelimutinya, dan Allah menyebut mereka sebagai golongan yang berada di sisi-Nya". (HR. Muslim).

4. Menjadi orang yang beruntung

Dalam hadits yang lain, dari Abu Huriroh r.a berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu perkumpulan yang di dalamnya tidak menyebut (dzikir) nama Allah dan tidak bershalawat atas Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kecuali mereka akan merugi di hari kiamat). (HR. At-Tirmidzi).

Demikian ulasan mengenai dzikir pagi petang. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita mengetahui betul amalan-amalan yang berdasarkan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA