Jadikan Hiu Papan Surfing, Satu Lagi Foto Viral Picu Kemarahan Pencinta Hewan

Ragam

Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:54 WIB

190820115432-jadik.jpg

dailymail

Sebuah foto kembali viral di timeline  media sosial. Kali ini foto dimaksud membuat para pencinta hewan emosi. Bagaimana tidak, foto memperlihatkan dua orang surfer menjadikan hiu paus bak papan selancar. Dikutip dari DailyMail kemarin, diperkirakan aksi dua pria tersebut dilakukan di kawasan perairan Meksiko.

Dari kedua pelaku salah satunya juga tampak seperti operator tur kunjungan wisata laut. Ia berdiri di atas punggung hiu paus sambil berpegangan pada tali yang diikatkan pada perahu motor. Diketahui sebagai habitat spesies yang mulai terancam akibat aksi turis, kepulauan    Meksiko di Laut Karibia dekat Cancun diketahui kerap dikunjungi para pemburu hiu paus atau whale shark. 

OMG.

Ditarik dengan kapal bermesin.

Komentar pun bermunculan menanggpi aksi berbahaya tersebut. “Pengunjung tak bisa dibenarkan tapi operator turis yang mendukung aksi ini wajib dihukum!”, “Benar-benar tak beradab, aku mengutuknya! “ Demikian di antara kemarahan netizen yang ditumpahkan lewat media sosial.

Sementara itu menanggapi foto viral kali ini pejabat Meksiko mengatakan pihaknya meragukan keasliannya.  Ia juga mengatakan jenis tali yang digunakan bukan yang biasa terlihat di kawasan Cancun.

Meksiko membantah.

Mulai terancam.

Terkait whale shark, World Wide Fund for Nature menyatakan wisata hiu paus  sudah menjadi ancaman serius bagi spesies ini. Sejauh ini di banyak titik habitat wisata hiu dengan mulut lebar tersebut, turis rela membayar agar bisa mendekati hiu dan operator pun tak jarang memberi makan hingga  mengganggu pola makan alami hiu. Belum termasuk baling-baling kapal yang juga  bisa melukai.

Menurut laporan, hiu paus merupakan spesies ikan terbesar yang diketahui masih ada. Mereka dapat tumbuh hingga panjang sekitar 12 meter. Hiu   paus terbesar yang diketahui pernah ditemui tercatat di kedalaman 18,8 meter. Soal foto viral hiu yang menjadi objek wisata tadi, kini netizen memburunya dengan meminta siapa saja yang tahu identitas pelaku untuk mengungkapnya.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA