Miliki Dua Rahim, Liliya Dua Kali Melahirkan dalam Tiga Bulan

Ragam

Senin, 19 Agustus 2019 | 12:00 WIB

190819095152-ibu-m.jpg

dailymail

Ibu baru Liliya Konovalova tengah dilanda bahagia. Bukan saja karena baru dikaruniai bayi kembar tapi sejumlah fakta tak biasa yang menyertainya. Misalnya saja perempuan 29 tahun asal Uralsk, Kazakhstan itu memiliki dua rahim. Jadi dua buah hatinya tumbuh dalam uterus  yang berbeda.

Tak itu saja, si kembar yang ternyata berjenis kelamin perempuan dan laki-laki itu lahir di waktu yang berbeda, tepatnya terpisah hampir tiga bulan. Dikutip dari DailyMail kemarin, Liliya pertama melahirkan bayi permempuan prematur yang dinamai Liya pada 24 Mei lalu dengan berat sekitar 1,3 kg di usia kandungan 25 minggu.

Three months apart: Liya and Maxim.

Satu di antara 50 juta: proud mom.

Dan baru sebelas minggu kemudian pada 9 Agustus lalu bayi keduanya yang bernama Maxim lahir.  Menurut Kementerian Kesehatan Kazakhstan, kehamilan Liliya sangat langka atau satu dari 50 juta kelahiran dan menjadi kasus pertama di negara Eropa Timur tersebut. Liliya yang sebelumnya sudah memiliki seorang yang kini berusia tujuh tahun memiliki didelphys uterus atau rahim ganda yang memungkinkan bayi kembarnya “tumbuh masing-masing”.

“Aku syok saat pertama kali tahu mengenai rahimku. Aku khawatir jika anakku lahir prematur. Tapi tim dokter di sini luar biasa. Apa yang mereka lakukan sungguh keajaiban dan sangat profesional,” ungkapnya. Laporan Mirror Online, tim dokter mengakui kekhususan pasien yang  ditangani. Soal jeda kelahiran Liliya berseloroh, “Putraku tahu kakaknya prematur jadi dia tak terburu-buru!”

Liya lahir prematur.

Ready to go home.

Sementara itu, wakil direktur pusat perinatal regional rumah sakit di mana Liliya dirawat, Eset Yeralin memaparkan, “Kami sudah 5ahu kondisi pasien sejak kelahiran yang pertama. Jadi tim spesialis kami menangani sejak awal untuk kelahiran kedua. Pasien menjalani rawat jalan sambil merawat bayi perempuan dan menunggu kelahiran kedua." Kini setelah Maxim lahir dengan kondisi terbilang sehat, Liliya bersiap membawa pulang kedua bayinya.

Sebelum Liliya pada  Desember 2018 seorang warga Inggris juga melahirkan bayi kembar dengan jeda 12 hari. Warga Manchester bernama Vicky Green (32) itu melahirkan bayi laki-laki Presley di usia kandungan 26 minggu dan dua minggu kemudian sang adik Paisley lahir dengan operasi caesar.     

Apa itu uterus didelphys?

Uterus didelphys atau rahim ganda adalah kondisi di mana seorang wanita dilahirkan dengan dua rahim dan kadang-kadang dua vagina, meskipun tidak selalu demikian. Ini terjadi karena pada janin perempuan, rahim mulai tumbuh dalam bentuk dua tube kecil.

Saat janin berkembang, dua tube tadi biasanya bergabung untuk membuat satu organ berlubang yang lebih besar atau yang kemudian menjadi rahim. Namun terkadang tube ini tidak bergabung sepenuhnya dan masing-masing berkembang menjadi organ berlubang atau dua rahim.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA