Riwayat Penulisan "Bismillahir Rahmanir Rahim"

Ragam

Kamis, 8 Agustus 2019 | 02:07 WIB

190807230240-riway.jpg

Net

UCAPAN Bismillahir Rahmanir Rahim sangat penting bagi umat Islam. Saat hendak melakukan kebaikan, baik itu pekerjaan maupun hajat baik lainnya, kita dianjurkan membaca kalimat thoyibbah tersebut.

Lalu siapa yang pertama kali menuliskan kalimat tersebut? Menurut kisah, orang yang pertama kali menuliskan kalimat baik tersebut adalah Nabi Sulaiman As. Beliau mencantumkannya pada awal surat yang ditulisnya. Hal ini pun diungkapkan Allah dalam Alquran.

Namun sebelumnya kalimat tersebut belum digunakan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam karena beliau belum mendapat petunjuk dari Allah SWT mengenai hal tersebut.

Semasa Jahiliyah, sebelum kehadiran Rasulullah, bangsa Qurays menuliskan ”bismika llahumma” pada awal surat. Orang yang pertama menulisnya adalah Umayyah bin Abi Sallats.

Langkah tersebut pun pernah diikuti oleh Rasulullah. Berdasarkan riwayat Muhammad Bin Sa’di dalam kitab Thabaqatnya disebutkan,  bahwa sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'Alahi Wasallam pernah menyuruh menulis dengan apa yang dituliskan orang qurays dulu: ”Bismikallahumma.” kemudian turunlah Surat Hud: 41.

Allah berfirman, "Dan Nuh berkata: 'Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya'. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Hud : 41).

Setelah turun ayat tersebut, Rasulullah pun menggantinya dengan Bismillah.

Kemudian turunlah Surat Al-Isra’: 110. Dalam surat itu, Allah berfirman, "Katakanlah, Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu".

Setelah itu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menambahkan ar-Rahman menjadi Bimillahir Rahman.

Dan terakhir diturunkan Surat An-Naml ayat 30. Allah berfirman,  "Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

Setelahitu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam menuliskan dengan sempurna: ”Bismillahir Rahmanir Rahim”.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA