Ingin Diberikan Keteguhan Iman, Ini Doa yang Diajarkan Dalam Alquran

Ragam

Rabu, 19 Juni 2019 | 01:30 WIB

190619000900-ingin.jpg

Safinah.id

MEMILIKI keteguhan iman dalam beragama adalah keinginan mayoritas umat muslim. Kenapa demikian? Sebab iman adalah perihal perting yang bisa menentukan nasib seseorang, di dunia maupun di akhirat. Banyak orang yang mengetahui bahwa iman itu bisa naik dan juga turun, namun tidak banyak dari mereka yang mengetahui bagaimana cara menjaga keteguhan iman.

Menurut Ibnu Qayyim, ilmu dan iman adalah dua perkara yang menyebabkan seorang hamba mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia dan akhirat. Pernyataan tersebut senada dengan firman Allah dalam QS Al Mujadilah ayat 11.

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Ayat tersebut memotivasi banyak manusia untuk terus belajar dan mempertahankan keteguhan imannya. Karena dengan hal tersebut ia akan mencapai ketenangan dan kebahagiaan dalam hidupnya. Tidak mudah memang, namun selalu ada cara bagi setiap orang yang mau berusaha.

Jika memang menginginkan keteguhan iman yang kuat, maka berusahalah untuk tetap berada dalam jalan yang digariskan. Sebagaimana yang disebutkan Rasulullah dalam hadisnya:

"Iman adalah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan engkau beriman kepada qadar, yang baik dan yang buruk." (Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya di kitab al-Iman wal Islam wal Ihsan (VIII/1, IX/5))

Hadis tersebut menjelaskan dengan detail bagaimana gambaran iman untuk umat Islam. Enam hal di atas biasa disebut dengan rukun iman. Allah juga mengajarkan kepada kita sebuah doa agar bisa  memiliki keteguhan iman.

Doa tersebut tersurat dalam QS Ali ‘Imran Ayat 8 dan berbunyi sebagai berikut:

Rabban l tuzig qulban ba’da i hadaitan wa hab lan mil ladungka ramah, innaka antal-wahhb

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).

Doa tersebut dibaca agar kita memiliki iman yang teguh. Walau kadang menurun, namun harapan besarnya adalah terus meningkat dan terjaga keteguhan imannya. Sebab itu terus berdoalah kepada Allah, semoga Allah menjaga keteguhan iman kita sekarang dan seterusnya. Amin.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR