Hati-hati, Tidur Mendengkur bisa Sebabkan Penuaan Dini

Ragam

Senin, 17 Juni 2019 | 10:31 WIB

190617103724-hati-.jpg

APAKAH Anda termasuk orang yang tidurnya mendengkur? Jika ya, maka Anda berisiko mengalami penuaan dini. Hal ini dibuktikan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep.

Menurut studi, gangguan pernapasan saat tidur seperti mendengkur yang menjadi gejala sleep apnea obstruktif, dapat mempercepat penuaan. Alasannya, ketika mendengkur, aliran oksigen dalam darah berkurang. Kurangnya oksigen membuat tubuh seseorang 215 hari tampak lebih tua dari usia yang seharusnya.

"Usia biologis orang mungkin tidak sama dengan usia kronologis mereka. Sebagian orang tampak lebih tua karena kebiasaan mereka," ujar Xiaoyu Li, penulis utama studi di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Untuk mengarah pada temuan ini, para peneliti menganalisis status kesehatan 622 orang dewasa lewat metilasi DNA darah dan kebiasaan tidur mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan cenderung mengalami penuaan biologis lebih cepat terkait dengan gangguan pernapasan saat tidur daripada lelaki. Tetapi para peneliti menyarankan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat temuan ini.

"Selama ini perempuan sering dianggap memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan pernapasan saat tidur, namun temuan kami menunjukkan hasil sebaliknya," kata Li seperti dilansir dari laman Medical Daily.

Sampai saat ini, gangguan pernapasan saat tidur seperti mendengkur biasanya tidak mudah terdiagnosis dan diobati. Tetapi Li mengatakan bahwa mengenali lebih dini gangguan ini dapat meningkatkan usia harapan hidup seseorang. Jadi, jika Anda memiliki gangguan tidur seperti mendengkur, jangan diabaikan, ya!

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA