Telan Koin, Ini Langkah yang Harus Segera Diambil

Ragam

Jumat, 14 Juni 2019 | 19:32 WIB

190614193451-telan.jpg

medcom.id

MENELAN koin tindakan yang sangat berbahaya. Tetapi jika sudah terlanjur, apalagi jika terjadi pada anak-anak, tangani secepat mungkin.

Anak-anak belajar tentang dunia dengan menyentuh, merasakan, dan memasukkan sesuatu ke mulut mereka. Menelan benda asing merupakan cara mereka menjelajahi dunia. Maka, berhati-hatilah dan amati anak itu dengan cermat.

Jika koin yang tertelan masuk ke perut, ada kemungkinan besar bahwa hal yang sama akan melewati usus besar dan dikeluarkan dengan tinja. Namun, jika koin itu terjebak dalam perjalanan ke perut, akan berisiko dan harus ditanggapi dengan serius.

Baca Juga: Diduga Alami Pica, Tiga Jam Operasi Dokter Syok Saat Tahu Isi Perut Pria Ini

Apabila koin tersangkut di usus dan merobek dinding usus berbagai gejala mungkin jelas seperti darah di bangku karena itu bisa tampak gelap, suara usus yang tidak normal, sakit perut dan muntah. Kadang-kadang koin terjebak tetapi seorang anak dapat terus menelan dan makan tanpa kesulitan.

Dalam situasi seperti itu, anak akan batuk terus menerus. Koin yang macet dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada jaringan kerongkongan, yang selanjutnya dapat memecah kerongkongan, menyebabkan potensi situasi lebih berbahaya.

Baca Juga: Bola-bola Pearl Membatu Jejali Perut, Hobi Minum Bubble Tea Siswi SMP Dilarikan ke Rumah Sakit

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, jangan mengobati sendiri dengan memberikan obat pencuci perut kepada anak Anda. Meskipun, Anda berpikir bahwa cara itu bisa mempercepat proses ekskresi, tapi mungkin tidak membantu.

Jika Anda merasa tidak akan memaksa anak Anda untuk menelan makanan dan merasa takut bertidak apa pun, pilihan terbaik hanyalah mencari saran dokter. Jangan memaksakan diri Anda untuk berusaha menanganinya sendiri.

Sebab, tindakan yang tidak tepat berisiko memperparah kondisi anak nantinya. Koin yang macet akan menyebabkan sakit perut atau dada, air liur, kesulitan menelan, muntah, dan demam.

Jika koin telah melewati tenggorokan, masuk ke lambung, koin itu akan keluar dari sistem pencernaan dalam waktu kurang dari empat hingga lima hari. Dalam setiap kasus ini, bawa anak ke rumah sakit sedini mungkin dan ikuti saran dokter.

Tindakan selanjutnya, pastikan Anda memeriksa kotorannya selama dua atau tiga hari ke depan. Ini bisa dilakukan dengan menempatkan kotoran di saringan dan menyemprotkan air panas di atasnya. Dengan melakukan ini, Anda akan yakin bahwa benda asing yang tertelan keluar dengan baik dan tidak perlu khawatir lagi;

Lalu, dalam periode waktu menelan koin, orang tua perlu mengamati anak mereka dengan cermat. Beri anak makanan yang lembut dan berserat. Pisang adalah pilihan yang baik ketika Anda ingin membuat segalanya bergerak lebih cepat dalam sistem anak Anda.

Langkah berikutnya, pastikan Anda memberi anak Anda banyak air dan menjaganya agar tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi berfungsi dengan baik dan anak Anda tidak akan kesulitan melewati bangku dengan koin di dalamnya.

Jika koin tidak keluar bahkan setelah mengikuti semua langkah yang disebutkan di atas dan tetap berada di dalam tubuh selama lebih dari 48 jam, sudah waktunya untuk pergi ke rumah sakit bahkan jika anak Anda tidak menunjukkan gejala kegelisahan. Kunjungi dokter Anda dan dapatkan bantuan medis.

Dokter mungkin meminta Anda menunggu lebih lama dan menyarankan beberapa obat untuk membantu anak Anda mengeluarkan koin. Dokter juga akan membantu menemukan posisi koin yang tepat pada anak Anda dengan bantuan X-ray dan Anda dapat yakin bahwa objek yang ditelan anak Anda hanya koin dan tidak lain.

Tidak perlu mengeluarkan koin dengan metode bedah. Namun, jika benda yang tertelan bukan koin dan sesuatu yang tajam yang dapat merusak atau menusuk saluran pencernaan anak Anda, dokter mungkin menyarankan endoskopi.

Sumber: medcom.id

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA