Diawasi Aparat Bersenjata, Setengah Jam Usai Lahiran Warga Ethiopia Langsung Ujian

Ragam

Rabu, 12 Juni 2019 | 10:30 WIB

190612101213-diawa.jpg

dailymail

Apa yang terbayang dilakukan perempuan 30 menit setelah melahirkan? Berbaring memulihkan kondisi sepertinya menjadi yang paling mungkin. Tapi tidak demikian dengan Almaz Derese. Dikutip dari DailyMail kemarin, ibu muda dari Ethiopia itu terlihat duduk di atas tempat tidur setengah jam usai lahiran. Bukan menggendong bayi melainkan mengerjakan soal ujian.

Meski berusia  21 tahun, Almaz yang melahirkan, Senin (10/6/2019) lalu tetap semangat menjalani pendidikan menengahnya. Seperti siswa lainnya ia pun tak ingin ketinggalan ujian yang di Metu, Ethiopia Barat ternyata dimulai pada hari yang sama dengan kelahiran sang buah hati. Sebenarnya Almaz bisa menyelesaikan ujian sebelum melahirkan tapi rupanya ujian ditunda hingga Ramadan usai.

Lahiran dan ujian di hari yang sama.

Keputusan Almaz ini didukung suaminya, Tadese Tulu. Tadese bahkan meminta langsung pada pihak sekolah agar mengizinkan istrinya mengerjakan ujian di rumah sakit Karl Mettu. Laporan BBC, petugas komisaris pemeriksaan publik pun mengantar amplop tertutup berisi soal ujian di bawah perlindungan polisi bersenjata ke bangsal bersalin. Petugas dengan senjata laras panjang bahkan ikut menunggui.

Sementara itu ditanya soal pengalamannya ujian di rumah sakit, Almaz mengaku beruntung. Utamanya karena “saking tegang” memikirkan ujian hari itu, ia tak merasakan sakit yang luar biasa saat melahirkan. "Mungkin karena tahu harus segera mengikuti ujian, proses kelahiran anakku jadinya berlangsung sangat mudah," katanya kepada BBC. Almaz menambahkan, dirinya sangat berharap lulus ujian bahasa Inggris, Amharik, dan matematika agar dia kuliah pendek dua tahun di universitas.

Diawasi aparat bersenjata.

Dia juga mengatakan ujian berjalan baik, begitu  pun  bayi laki-lakinya yang kini dalam kondisi sehat. Almaz akan menjalani sisa ujian bersama siswa lainnya di ruangan kelas di sekolah. Di Etiopia sendiri bukan hal aneh bagi perempuan untuk meninggalkan sekolah menengah karena melahirkan dan kembali menyelesaikan studi di usia dewasa muda.

Onward Almaz!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR