Bikin Kendaraan Tetap Dingin di Cuaca Panas, Dikira Warna Cat ternyata Luluran Kotoran Sapi..

Ragam

Jumat, 24 Mei 2019 | 15:03 WIB

190524150234-bikin.jpg

dailymail

Tak ingin mobil kesayangannya terpanggang panas cuaca, seorang warga Ahmedabad, India mengklaim punya solusi inovatif. Warga bernama Sejalben Shah itu menutupi bodi mobil Toyota Corolla Altis miliknya dengan kotoran sapi.

Dikutip dari DailyMail kemarin, menurutnya apa yang dilakukannya itu tak lain tips alami bebas efek samping. Ini dipilih demi menjaga kendaraan tetap dingin di musim panas yang menyengat di Negeri Bollywood.

OMG.

Tertutup penuh.

Seperti yang kemudian viral di media sosial terlihat bagaimana Sejalben melapisi bagian luar kendaraan mahalnya dengan kotoran sapi mirip orang membuat telur asin. Hasilnya kecuali bagian kacanya, mobil pabrikan Jepang itu terlihat cokelat pekat.

Selama ini kotoran sapi banyak digunakan di seluruh perdesaan India untuk menjaga rumah dan kediaman lainnya agar tetap dingin saat cuaca panas. Rupesh Gauranga Das yang memosting foto-foto tips tak biasa tadi mengaku tak pernah melihat kendaraan berlapis kotoran sapi seperti milik Sejalben.

Tetap dihiasi lukisan tangan agar tak membosankan.

Pasalnya, ia melakukannya dengan sangat rapi plus menghias pinggirannya dengan lukisan tangan. Prakiraan cuaca untuk Ahmedabad sendiri  negara bagian Gujarat saat ini bersuhu lebih dari 44 Celsius. Bulan Mei tahun lalu bahkan suhu di Ahmedabab mencapai rekor 48 Celsius. 

Tahun lalu juga gelombang panas di India tercatat sebagai yang tertinggi dengan suhu  51 Celsius. Sebelumnya ratusan orang meninggal setiap tahun akibat gelombang panas yang biasanya mencapai puncak di bulan Mei dan Juni. Setelah itu warga akan menyambut musim hujan. 

Kecuali kaca dan plat nomor semua tertutup kotoran sapi.

Mengenai efektivitas kotoran yang menyerap panas, sebuah percobaan  tahun 2012 menunjukkan bagaimana seekor kumbang  menggunakan limbah kotoran mereka agar kaki tetap dingin. Peneliti di Afrika Selatan dan Swedia juga menemukan bagaimana serangga memanjat kotoran sebagai bentuk perlindungan termal. Sedangkan untnuk pelapis mobil dari kotoran sapi, meski terbukti menyerap panas, rupanya ada problem lain yang muncul: bau.

Oh..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR