Mudik, Saatnya Berburu Kuliner Khas Bogor

Ragam

Selasa, 21 Mei 2019 | 21:32 WIB

190521203431-mudik.jpg

SELAIN hujan, Bogor juga dikenal dengan kulinernya yang nikmat. Kulinernya wajib dipilih sebagai referensi utama di #PesonaKulinerLebaran2019. Kenikmatan kulinernya wajib dieksplorasi saat #PesonaMudik2019. Secara geografis, Bogor juga dekat dengan Jakarta.

“Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bogor saat Lebaran. Posisinya dekat Jakarta dan destinasinya banyak. Bogor juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Semuanya nikmat dan otentik. Kuliner ini dibangun dari resep leluhur dengan beragam rempah terbaik Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dipilih sebagai referensi #PesonaKulinerLebaran2019, berikut rasa luar biasa yang ditawarkan Bogor:

1. Cungkring Pak Jumat

Cungkring merupakan olahan kaki sapi atau kikil. Rasanya juara. Apalagi, pendampingnya komplit. Ada kulit, urat, dan dampal. Dengan treatment khusus, olahan ini sangat lembut. Proses perebusannya 6 jam dengan beragam rempah. Sebut saja kunyit dan bawang.

Penyajian Cungkring bersama lontong dan keripik tempe. Cita rasanya makin nikmat dengan guyuran bumbu sate di atasnya. Silahkan nikmati Cungkring ini di kedai Pak Jumat. Kedai ini adalah juaranya olahan Cungkring dan sudah beroperasi sejak tahun 1975.

2. Sate Sate Sumsum Pak Oo

Pak Oo menawarkan kuliner yang tidak biasa. Variannya sate sumsum dan sate ginjal. Ada juga sate hati dengan potongannya yang khas. Daya tarik sate ini berada pada bumbu kacangnya yang legit. Sensasi pertama saat menggigit sate sumsum adalah kelembutannya. Untuk menikmati kuliner unik ini, silahkan datang ke Jalan Surya Kencana Nomor 193, Bogor. Harga yang ditawarkan ramah. Untuk 10 tusuk sate sumsum dijual dengan harga Rp30 Ribu.

3. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam merupakan kuliner Bogor ikonik yang melegenda dan bersejarah. Di tempat inilah sejarah eksistensi etnis Tionghoa di Bogor bisa dijejaki.

Gedung Dalam sudah berdiri sejak tahun 1875 dan digunakan untuk menampung orang-orang bermarga Tan. Orang-orang Tionghoa yang berdaya ekonomi rendah juga mendapatkan tempat khusus di Gedung Dalam. Sementara, penggunaan gedung sebagai sentra jajan asinan telah dimulai dari tahun1970.

Anda bisa menikmati dua jenis asinan di Gedung Dalam, yakni asinan buah dan asinan sayur. Keduanya memiliki rasa yang pedas dan asam, tetapi tidak menyengat. Larutan yang dipakai untuk merendam buah tidak menusuk hidung, karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur baru dilakukan ketika pengunjung datang dan memesannya.

Asinan buah berisi nanas, bangkuang, pepaya serta ubi. Kadang juga dilengkapi salak dan apel pada musim tertentu. Untuk asinan sayur, bahan-bahan andalan Asinan Sedap Gedung Dalam terdiri dari kombinasi kol, timun, taoge dan wortel.

Harga asinan yang ditawarkan tidak lebih dari Rp25.000 untuk satu porsi. Jika ingin mencoba kuliner Bogor ini, silakan langkahkan kaki Anda ke Jalan Siliwangi No. 27, Bogor Timur. Asinan Sedap Gedung Dalam buka setiap hari mulai pukul 9.00-21.00 WIB.

4. Bakso Kikil Pak Jaka

Soto Kikil Pak Jaka sangat populer. Kuliner ini selalu menjadi langganan artis dan para politisi. Lokasi kedainya berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor. Kedai ini menawarkan bakso dengan topping kikil sapi yang empuk. Seporsi bakso sapi dengan bihun, potongan kikil, taburan bawang goreng, dan selederi hanya dihargai Rp25 Ribu saja.

Lebih spesial lagi, pengunjung dipersilahkan memilih sendiri kikilnya. Rasanya semakin nikmat saat kuah mendarat di lidah. Rasanya gurih, dengan tekstur kikil yang lembut.

5. Bir Kocok Abah Acep

Meski namanya bir, tapi minuman milik Abah Acep tanpa alkohol. Bir Kocok yang dimaksud adalah minuman Jahe, Kayu Manis, Cengkeh, dan Gula Aren. Kedai ini sudah beroperasi sejak 1965. Bir Kocok ini akan diasjikan menurut pesanan. Sebelum disajikan, minuman ditaruh di teko alumunium lalu diberi es dan dikocok hingga berbuih.

Rasanya dijamin seru. Secara khusus, Bir Kocok bagus untuk kesehatan. Bisa dipakai untuk mencegah masuk angin. Bila ingin menikmati Bir Kocok, silahkan datang ke Jalan Suryakencana, Bogor.

6. Toge Goreng Ibu Hj Omah

Kuliner ini bsia dijumpai di Jalan Sudirman Nomor 23A, Bogor. Kuliner ini memiliki bumbu utama tauco. Komposisi kuliner ini terdiri dari toge rebus, kupat, mie kuning, dan potongan tahu kuning. Rasa uniknya muncul karena pengolahan mienya menggunakan kayu bakar.

Toge Goreng ini sudah lama beroperasi, mulai tahun 1970-an. Setiap harinya, kedai ini dibuka pukul 07.00-17.00 WIB. Dengan keunikan rasanya, kedai ini selalu ramai oleh pengunjung. Toge Goreng tetap bertahan di tengah gempuran kuliner modern dan kekinian.

7. Soto Mie Mang Ohim

Soto Mie Mang Ohim merupakan salah satu kuliner nikmat di Bogor. Lokasi kedainya sangat strategis. Ada di Jalan Taman Cimanggu Raya, Tanah Sereal, Bogor. Selain cita rasanya yang nikmat, soto mie ini terdiri dari daging, risol, dan bumbunya yang pas. Selain soto mie, ada juga varian soto bening, soto santan, dan soto hebat.

Selain soto, ada juga sop iga dan sop ayam. Harga seporsi kuliner ini berkisar Rp17 Ribu hingga Rp23 Ribu. Untuk minuman segarnya, ada Es kelapa Jeruk, Es Kelapa Alpukat, dan Es Kelapa Sirsak.

8. Dociang

Dociang semakin memperpanjang daftar kuliner nikmat di Bogor. Dociang secara perinsip hampir sama dengan kupat tahu atau lontong sayur. Isiannya terdiri dari pesor, tahu goreng, irisan kentang rebus, bumbu kacang, kecap, dan telur rebus. Namun, yang membedakan Dociang dengan kupat tahu adalah pesornya.

Pesor Dociang adalah ketupat. Ketupat di sini terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun patat. Setelah terisi, lalu direbus hingga matang.

9. Soto Kuning

Bogor banyak memiliki varian Soto Kuning. Salah satu yang terkenal adalah Soto Kuning Pak Yusuf. Lokasinya berada di gang Aut, Jalan Surya Kencana, Bogor. Meski kedainya sederhana, tapi antrian pengunjungnya panjang. Mereka tertarik dengan cita rasa nikmatnya. Dalam seporsi soto, terdiri dari potongan daging, kikil, paru, usus, serta lidah.

10. Death My Chocolate

Berwisata ke Bogor memang banyak macamnya. Salah satu yang wajib dicoba adalah wisata kuliner dengan nuansa horor yang bisa dinikmati di Death by Chocolate & Spaghetti.

Cafe yang berdiri sejak tahun 2006 ini awalnya belum 100% menyajikan suasana seram seperti sekarang. Namun konsepnya semakin dikukuhkan setelah cake andalannya, Death by Chocolate, yang gelap dan dihiasi garnish coklat berbentuk nisan mendapat apresiasi banyak pengunjung.

Tapi bukan cuma suasananya yang bikin tempat ini layak untuk dikunjungi. Sesuai namanya, menu andalannya tentu saja berbagai cake, olahan coklat lezat dan spaghetti nikmat yang bisa disajikan dengan berbagai cara. Salah satu yang menjadi favorit kebanyakan pengunjung adalah spaghetti schotel.

Jadi kalau Anda cukup bernyali merasakan nikmatnya coklat yang satu ini. Silahkan langkahkan kaki anda ke Jalan Ceremai No. 22, Bogor Tengah.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR