Tak Lepas Hijab, Halima Aden Jadi Model Muslim Pertama Sports Illustrated Edisi Swimsuit

Ragam

Kamis, 16 Mei 2019 | 10:01 WIB

190516100141-tak-l.jpg

dailymail

Mei menjadi bulan istimewa bagi Halima Aden. Ia  menjadi  model muslim pertama yang menghiasi Sports Illustrated Swimsuit Issue dengan tetap mengenakan jilbab dan burkini.

Model asal Amerika Serikat berusia 21 tahun itu lahir di kamp pengungsi Kenya dan untuk pemotretan bersejarah ini ia kembali tanah kelahirannya. Tepatnya melakukan sesi foto di Pantai Watamu.

Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, Sports Illustrated mengumumkan bahwa Halima menjadi satu dari model pendatang terbaru tahun 2019 yang tampil di edisi awal bulan ini.

Perdana.

Representasi.

Precious.

Semua berjalan cepat.

Sebelum pindah ke AS di usia tujuh tahun Halima tinggal di Kamp Pengungsi Kakuma Kenya. Ia mengaku tak menyangka akan kembali ke tanah kelahiran untuk sesuatu yang historis.

"Selama pemotretan aku ingat masa-masa kecil dulu di kamp pengungsi. Rasanya seperti mimpi. Menjadi imigran di Amerika, berjuang untuk mimpi lalu kembali untuk menyaksikan mimpiku menjadi kenyataan,” paparnya dalam klip behind the scene yang sengaja dibuat Sports Illustrated untuk Halima. Hal lain yang diakuinya sangat penting adalah keberanian.

Kembali ke tanah leluhur.

Berani.

"Awalnya di sekolah menengah teman-teman memilih namaku sebagai ratu homecoming. Saat itu aku belajar berani menerima konsep tentang mimpi. Kupikir jika mereka percaya padaku mengapa aku tidak?” ujarnya.

Berikutnya ia menjadi senator mahasiswa muslim Somalia pertama di kampus dan kontestan  Miss Minnesota USA Pageant 2016 pertama yang mengenakan jilbab.

“Menakutkan karena hijab bukan bagian mainstream dari pemilihan kecantikan. Tapi harus ada yang memulai,” lanjutnya. Setahun setelah kontes, dia menjadi model berjilbab pertama yang menandatangani kontrak dengan agen model papan atas. Wajahnya juga ikut menghiasi peluncuran koleksi Janye West, Yeezy.

On stage.

Berproses.

Sementara itu editor Sports Illustrated Swimsuit, MJ Day mengatakan, “Saya mengagumi Halima dan bagi saya dia sangat inspirasional, baik sebagai representasi model berjilbab maupun komitmennya menjadikan popularitas sebagai cara membantu sesama dengan menjadi  duta besar Unicef.”

Selain itu menurutnya kecantikan tak hanya soal penampilan atau apa yang dikenakan melainkan keyakinan bahwa setiap individu sangat berharga dan layak mengejar mimpi.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR