Kunjungi Markas Enigma, Jarang-jarang Kate Middleton Kenakan Terusan Menerawang

Ragam

Rabu, 15 Mei 2019 | 14:28 WIB

190515142624-kunju.jpg

dailymail

Mengunjungi Bletchley Park, markas para pemecah kode Inggris di masa Perang Dunia II di Milton Keynes kemarin, Duchess of Cambridge Kate Middleton mengaku emosional. Ini karena neneknya Valerie Glassborow ternyata bekerja di salah satu pusat informasi militer ini.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (15/5/2019) saking rahasianya pekerjaan sang nenek, Kate baru mengetahuinya setelah Valerie wafat. “Nenek  dan saudara perempuannya bekerja di sini. Keren sekali. Tapi ketika masih hidup dia tidak pernah bisa membicarakan pekerjaannya. Dia sangat berkomitmen menjaga rahasia sehingga tidak pernah memberitahu kami," katanya.

Simpel tapi seksi (ternyata).

Ternyata menerawang.

Tak hanya kedekatannya dengan Bletchley Park, Kate juga menarik perhatian berkat tampilannya. Kali ini ia mengenakan terusan polkadot berwarna navy blue dan putih yang  dikenakan pada sesi foto resmi keluarga. Yang menarik terusan simpel rancangan Alessandra Rich seharga a £1,750 atau sekitar Rp 32,6 juta itu ternyata berbelahan cukup tinggi dan menerawang.

Ini terlihat saat ibu tiga anak berusia 37 tahun itu tiba dan menyapa warga yang sudah menunggu. Cuaca cerah yang sedikit berangin membuat beberapa kali belahan terusan berkancing depan itu tersibak hingga memperlihatkan kakinya. Meski demikian banyak yang menyebut jika penampilan “berisiko” Kate Middleton ini tak terlihat melanggar tata krama berkat potongan simpel dan warnanya.

Berbelahan di atas lutut.

Kate yang memadupadankan gaunnya dengan sepatu nude Emmy London seharga £ 425 atau Rp 7,9 juta dan tas tangan Panama Purse dari Smythson berbanderol £ 450 atau Rp 8,3 juta, datang untuk melihat pameran jelang peringatan 75 tahun pecahnya PD II  bulan depan.

Bletchley Park memiliki arti penting bagi Duchess karena nenek dari pihak ayah, Valerie Glassborow termasuk di antara mereka yang bekerja mengurai pesan dari mesin pengirim kode rahasia milik Jerman, Enigma di sini. Fakta lainnya saudara kembar sang nenek Mary Glassborows juga bekerja sebagai petugas jaga divisi Foreign Office Civilians tepatnya  Cover Management Y Section tahun 1944.

Kate melihat dinding tribute untuk mendiang neneknya.

Valerie merupakan nenek dari pihak ayah.

Menyapa warga yang menyambut.

Keduanya secara resmi dipekerjakan oleh Government Code and Cypher School, sekolah pemecah kode di Bletchley. Mereka biasa bertugas di Hut 16 yang kini menjadi Hut 6 dan terbuka untuk umum. Kate yang mengenakan bros milik almarhum neneknya juga berkesempatan melihat dinding peringatan  bertuliskan nama-nama agen pemecah kode, termasuk Valerie. 

Menemui anak-anak sekolah yang belajar membuat kode menggunakan mesin Enigma dalam kesempatan yang sama Kate menekankan pentingnya peran staf Bletchley selama perang dan mendorong mereka untuk belajar lebih banyak. Para pemecah kode yang memberi informasi penting pada pasukan Sekutu terbukti memiliki peran krusial jelang invasi laut terbesar dalam sejarah pada tahun 1944.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR