Ditemukan Tersedak dalam Jaring, Ini Bukti Kura-kura Bisa Membunuh Hiu Pembunuh

Ragam

Kamis, 25 April 2019 | 13:00 WIB

190424141841-kesel.jpg

dailymail

Sebuah foto langsung viral di kalangan para pencinta hewan dan lingkungan. Pemandangan menggiriskan dari foto tadi membuat mereka tak percaya. Mereka dibuat “tak berdaya” menyaksikan bagaimana seekor hiu putih mati akibat tersedak. Tepatnya hewan buas yang ditakuti itu “keselek” kura-kura laut di perairan yang masuk teritori Jepang.

Dikutip dari DailyMail kemarin, dokumentasi menunjukkan bagaimana makhluk seberat dua ton  itu berlumuran darah dengan mangsa terkunci di antara rahangnya yang mengerikan. Foto pertama kali diposting penangkap ikan  Greg Vella melalui akun media sosialnya. Ia menyebut hiu ditemukan sudah tak bernyawa dan terperangkap dalam jaring.

O-my.

Mati dalam jerat.

“Aku sedang memancing ikan tuna ketika  mendengar di radio ada  hiu putih berenang di sekitar dengan penyu besar di mulut. Orang-orang bercanda tentang hal itu tapi aku  tidak memperhatikannya. Hari berikutnya aku menemukannya. Tapi hiu ini ditemukan tewas terjerat dalam jaring.” 

Ia menambahkan para kapten yang bertemu dengannya mengaku melihat hiu yang sama sehari sebelumnya. “Mereka mengatakan hiu itu tampaknya hampir mati karena tidak bisa menelan kura-kura raksasa yang akan dimakannya." Sejauh ini postingan Vella sudah di-share lebih dari sembilan ribu kali  dan mendapat ribuan like. 

Hiu putih besar dikenal sebagai  salah satu ancaman bagi nelayan. Dengan berat lebih dari dua ton dan perilaku tak bisa diprediksi banyak yang lebih suka menghindari predator buas tersebut. Predator yang juga dijuluki Deep Blue ini umumnya mampu bertahan hingga usia 50 tahun dengan bobot maksimal 2,5 ton dan panjang enam meter.

Sehari tersedak hingga mati.

Deep Blue.

Awal tahun ini seekor hiu putih terlihat di perairan Hawaii. Diketahui hiu tersebut  dipasangi alat pelacak pada tahun 2013 saat muncul di teritori laut Meksiko. Ini dilakukan  untuk memungkinkan penyelam mengidentifikasinya. 

Hiu yang satu ini dinamai dengan nama “sang penemu”, penyelam Discovery Channel, Mauricio Hoyos Padilla yang mengabadikannya untuk film dokumenter Shark Week. Sementara National Geographic menyebut Deep Blue bisa mencapai bobot maksimal lima ton. Dan ternyata, bisa juga mati tersedak.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR