Bikin Ngilu, Begini ternyata Bukaan Saat Perempuan Melahirkan

Ragam

Jumat, 19 April 2019 | 15:30 WIB

190419152434-menak.jpg

dailymail

Istilah bukaan saat proses persalinan sepertinya banyak yang sudah tahu. Tapi seperti apa pembukaan dimaksud dan seperti apa rasanya hanya bisa dijawab mereka yang sudah bertaruh hidup melahirkan buah hatinya. Dan belum lama sebuah postingan mengenai visualisasi bukaan tadi viral di sejumlah timeline media sosial.

Dikutip dari DailyMail, Jumat (19/4/2019) postingan yang bikin ngilu sekaligus menakjubkan bagi netizen itu memperlihatkan proses bagaimana serviks setiap perempuan yang melebar hingga 10 sentimeter sebelum  mulai mengejan dan mendorong jabang bayi saat melahirkan. Lalu seberapa besar bukaan dimaksud?

OMG.

Seriously.

Dari postingan terlihat bagaimana ilustrasi dilakukan dengan sepuluh bulatan pada  papan kayu. Masing-masing diberi nomor satu hingga sepuluh yang menunjukkan level pembukaan.

Lingkaran kesepuluh dengan  lebar 10 sentimeter cukup besar bagi kepala bayi. Serviks sendiri berada di bagian paling atas vagina dan memisahkan vagina dari rahim di mana bayi berada. Meski demikian ukuran 10 sentimeter lebih merupakan titik dorong, bukan ukuran akhir.

Serviks dapat terus mengembang untuk mengakomodasi kepala dan tubuh bayi yang lahir. Steffanie Christi'an, penyanyi dan penulis lagu dari Detroit, Michigan memosting ilustrasi pembukaan ini pada 9 April lalu.

Agree.

“Seperti ini rupa pembukaan 10. Inilah sebabnya mengapa perempuan pantas mendapatkan semuanya.” Demikian caption foto yang hingga kini sudah di-share 165.000 kali itu. Termasuk di Twitter oleh Ngoako Lerato Mannya dari Johannesburg, Afrika Selatan dengan 53.000 like.

Komentar pun bermunculan. Selain apresiasi bagi para ibu tak sedikit pula yang berseloroh jika postingan ini bisa menjadi alasan untuk tidak melahirkan lagi karena membayangkannya saja sudah bikin ngilu. 

Well.. ok then.

“Ibuku mendorong kami bertiga keluar. Aku harus berterima kasih lagi padanya, terutama adik lelakiku yang berkepala besar.”, “Helo alat kontrasepsi..." Demikian di antara komentar yang muncul. Selain itu ada pula yang memosting ilustasi serupa. Tidak menggunakan papan melainkan kue seperti postingan situs Kiddicare.com.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR