Tinggal Bareng Mertua Bikin Perempuan Rentan Sakit Jantung

Ragam

Kamis, 18 April 2019 | 19:42 WIB

190418194818-tingg.jpg

suara.com

PASANGAN suami istri yang tinggal bersama mertua bisa dikarenakan berbagai alasan. Namun hati-hati, peneliti mengungkap adanya dampak tinggal bareng mertua terhadap kesehatan jantung istri.

Menurut penelitian, tinggal di rumah mertua atau orang tua bersama anak-anak dan suami hanya akan membuat perempuan tiga kali lipat lebih berisiko terserang penyakit jantung.

Baca Juga: Suhu Ekstrem Panas dan Dingin Picu Serangan Jantung

Dilansir Himedik dari Telegraph.co.uk, peneliti percaya bahwa perempuan yang hidup satu rumah dengan mertuanya akan mengalami banyak tekanan dalam kesehariannya sebagai istri, ibu sekaligus menantu.

Begitu pula jika para perempuan memutuskan tinggal di rumah orang tuanya bersama suami dan anak-anaknya, mereka memiliki risiko terserang penyakit jantung dua kali lipat dari lainnya yang tinggal di rumah sendiri bersama suami.

Baca Juga: Usia Pasien Serangan Jantung di Indonesia Semakin Muda

Hasil penelitian menunjukkan para perempuan yang tinggal bersama mertua atau orang tua setelah menikah lebih banyak memiliki masalah dan meninggal akibat penyakit jantung.

Karena itu, para peneliti menarik kesimpulan bahwa keluarga dan situasi rumah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan seseorang, khususnya dalam hal ini perempuan yang berisiko penyakit jantung.

Baca Juga: Terkena Serangan Jantung, Gugum Gumbira Kembali Masuk Rumah Sakit

Profesor Hiroyasu Iso dari Universitas Osaka Jepang yang memimpin penelitian ini pun mengatakan, tingginya risiko penyakit jantung yang diderita perempuan tersebut karena tekanan dan stres mengurus rumah tangga dan perannya.

Sebab, perempuan tersebut harus handal betul menjalankan tiga perannya sekaligus sebagai istri, ibu, dan menantu di satu rumah setiap harinya.

Sehingga para ilmuwan pun menyarankan lebih baik setiap pasangan yang baru menikah segera tinggal di rumah sendiri daripada tinggal bersama mertua atau orang tua karena hanya menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Bahkan data di Inggris menunjukkan setidaknya 94 ribu orang telah meninggal dan 2,5 juta orang menderita penyakit jantung akibat tinggal bersama mertua atau orang tua.

Sumber: suara.com

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR