Ini Dia Tiga Kota Termahal di Dunia

Ragam

Sabtu, 23 Maret 2019 | 09:40 WIB

190323094724-ini-d.jpg

goway.com

Hong Kong

HONG KONG, Paris, dan Singapura telah berbagi gelar sebagai kota termahal di dunia dalam survei mengenai biaya hidup di seluruh dunia baru-baru ini, menurut laporan terbaru yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga riset Inggris.

Dengan menggunakan New York City sebagai acuannya, laporan Biaya Hidup Seluruh Dunia (Worldwide Cost of Living) 2019, yang diterbitkan Senin (18/3/2019) oleh Economist Intelligence Unit, menemukan bahwa biaya hidup di ketiga kota itu tujuh persen lebih tinggi daripada di kota patokan, pertama kali tiga kota sekaligus menempati tempat pertama dalam survei.

Baca Juga: 12 Tahun Kantongi Rp 1,5 Miliar/Hari, Lupakan Messi dan Ronaldo Ini Ternyata Atlet Termahal di Dunia

Sebesar 10 kota teratas dengan biaya hidup tertinggi sebagian besar dibagi antara Asia dan Eropa. Singapura adalah satu-satunya kota yang mempertahankan peringkatnya dari tahun sebelumnya, menandai tahun keenamnya berturut-turut di peringkat teratas, dengan Hong Kong naik tiga tingkat dan Paris naik satu tingkat mencapai posisi puncak.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa biaya hidup global telah turun menjadi 69 persen dari biaya di New York, turun dari 73 persen tahun lalu, tetap jauh lebih rendah daripada lima tahun lalu, ketika biaya hidup rata-rata di kota-kota yang disurvei adalah 82 persen dari biaya di kota dasar.

Sementara inflasi dan devaluasi merupakan faktor utama dalam menentukan biaya hidup, banyak kota yang disurvei menurun peringkatnya karena gejolak ekonomi, pelemahan mata uang atau penurunan harga lokal, kata laporan itu.

Untuk membantu manajer sumber daya manusia dan keuangan menghitung biaya hidup dan membangun paket kompensasi untuk ekspatriat dan pelancong bisnis, Unit Intelejen yang berkantor pusat di London itu telah melakukan survei dua tahunan selama lebih dari 30 tahun dengan membandingkan lebih dari 400 harga individual di 160 produk dan jasa-jasa.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR