Saat Salat Lupa Baca Surah usai Membaca Al-Fatihah, Ini Hukumnya

Ragam

Rabu, 20 Maret 2019 | 10:32 WIB

190320103444-saat-.jpg

Ilustrasi.

BIASANYA ketika sedang melaksanakan salat, kita membaca salah satu surah dari Al-Qur’an setelah membaca Al-Fatihah.

Bagi orang yang telah hafal Al-Qur’an, momen ini menjadi kesempatan baginya untuk mengulang surah dan ayat yang telah ia hafal. Namun ada juga sebagian orang justru memilih surah-surah atau ayat-ayat yang pendek-pendek.

Namun bagaimana jika kita lupa tidak membaca surah atau ayat dari Al-Qur’an setelah Al-Fatihah? Apakah sah salat kita? Atau haruskah kita menggantinya dengan sujud sahwi?

Darul Ifta’ Al-Misriyyah, laman resmi lembaga fatwa ulama paling otoritatif di Mesir telah membahas hal ini dengan jawaban sebagai berikut.

Siapa yang lupa membaca surah setelah Al-Fatihah, maka salatnya sah, dan tidak perlu baginya melaksanakan sujud sahwi karena hal itu.

Hal ini pun telah diterangkan oleh Imam Zakariya Al-Anshari di dalam kitabnya Asnal Mathalib Fi Syarh Raud At-Thalib.

“Dan tidak perlu sujud (sahwi) karena sunah-sunah yang lain, yakni karena meninggalkannya, seperti meninggalkan surah setelah Al-Fatihah.”

Dengan demikian bagi yang lupa meninggalkan surah Al-Qur’an setelah Al-Fatihah dalam salat ketika rakaat pertama dan kedua, maka ia tidak perlu menggantinya dengan sujud sahwi.

Hal ini dikarenakan membaca surah Al-Qur’an bukan lah termasuk rukun salat dan bukan pula salah satu dari sunah Ab’ad salat. Yakni sunah-sunah salat yang jika ditinggalkan disunahkan untuk melaksanakan sujud sahwi. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Lengkapnya klik di sini.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR