Tidur Siang Selama 10 Menit Atasi Kesulitan Tidur, Kantuk, Krisis Semangat dan Kinerja Kognitif

Ragam

Kamis, 21 Februari 2019 | 01:00 WIB

190220223410-tidur.jpg

azzlam.com

MELAKUKAN tidur siang merupakan sebuah kemewahan bagi mereka yang bekerja ataupun bersekolah. Bagi mereka, hal ini hanya bisa dilakukan ketika liburan saja karena sejumlah aktivitas.

Untuk mengakali hal ini, banyak orang yang mengganti tidur siang dengan mengonsumsi kopi. Namun tentu saja hal ini kurang ideal karena efektivitasnya yang berbeda satu sama lain.

Dilansir dari Medical Daily, tidur siang sebenarnya hanya membutuhkan waktu yang cepat dan tak terlalu lama. Hanya saja, hal ini harus dilakukan secara konsisten, cepat dan dalam kondisi ruangan yang gelap. Durasi tidur yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan orang masing-masing.

Durasi tidur siang selama 10-20 menit sangat ideal untuk meningkatkan fokus dan produktivitas seseorang. Para peneliti menemukan bahwa tidur siang yang dilakukan selama 10 menit mampu mengatasi kesulitan tidur, rasa kantuk, kelelahan, krisis semangat, dan kinerja kognitif.

Peneliti menemukan bahwa tidur selama 30 menit dapat memperbaiki dampak hormonal akibat kekurangan tidur di malam hari. Memperoleh tidur siang selama 60 menit akan membantu kamu menjadi lebih segar.

Tidur siang selam 60 menit ini membantu kamu mengingat fakta, wajah, dan juga nama seseorang. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan fokus hingga 10 jam.

Tidur siang selama 90 menit akan memberikan manfaat untuk membersihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat. Mengingat durasinya yang cukup lama, tidur siang selama ini lebih mungkin dilakukan ketika liburan.

Berbagai hal ini merupakan manfaat yang bisa dipetik dari tidur siang. Pastikan kebutuhanmu serta waktu yang kamu miliki untuk menentukan kamu hendak tidur siang selama berapa lama.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR