Dipimpin Wasit Top Bibiana, Dianggap Pamer Aurat Iran Batal Tayangkan Laga Muenchen

Ragam

Selasa, 19 Februari 2019 | 15:50 WIB

190219155027-dipim.jpg

dailymail

Iran memblokir siaran sepak bola Jerman pada Jumat pekan lalu di detik-detik terahir. Pembatalan dilakukan karena wasit di laga ini seorang wanita. Stasiun penyiaran  Iran IRIB menyensor pertandingan antara Bayern Munich dan Ausburg di Bundesliga karena wasit Jerman, Bibiana Steinhaus resmi memimpin laga.

Dikutip dari DailyMail kemarin, laporan  Deutsche Welle, siaran  dihentikan karena hukum Islam yang diberlakukan di Negeri Seribu Mulah tersebut  tidak memungkinkan gambar perempuan mengenakan celana pendek ditampilkan dalam tayangan TV.

Bibiana Steinhaus.

Pembatalan diketahui menyusul cuitan Natalie Amiri, koresponden Iran untuk penyiaran publik Jerman. “Dibatalkan pada menit terakhir! Dan siapa yang harus disalahkan: Bibi lagi, tentu saja. Bibiana Steinhaus seorang wanita dan mengenakan celana pendek. Pemandangan seperti itu tidak boleh dilihat di televisi pemerintah Iran."

Ini bukan pertama kalinya  Iran menolak menayangkan pertandingan sepak bola internasional karena Steinhaus bertugas. Mei tahun lalu, stasiun penyiaran negara menyensor pertandingan yang menampilkan wasit perempuan. Kala itu  pemandangan di layar kaca berubah menjadi keramaian penonton setiap kali kamera mengarah pada wasit dan ofisial perempuan.

Batal di menit-menit akhir.

Steinhaus yang kini berusia 39 tahun merupakan perempuan pertama yang resmi memimpin pertandingan sepak bola pria di tingkat profesional di Jerman. Dia menjadi wasit pada pertandingan Bundesliga pertamanya pada September 2017 dan dinobatkan sebagai salah satu wasit top Jerman pada 2018.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR