Sukses dengan Aset Triliunan, Pengusaha Kaya Bagi-bagi Uang Tunai Puluhan Miliar di Kampung Halaman

Ragam

Selasa, 12 Februari 2019 | 11:00 WIB

190212105429-rayak.jpg

dailymail

Seorang pengusaha kaya Cina mengejutkan penduduk desa di kota kelahirannya di Cina barat daya dengan menghujani mereka  hadiah mewah senilai 12 juta yuan atau sekitar Rp 24 miliar selama tahun baru Imlek.

Dikutip dari DailyMail kemarin, Zheng Daqing, 60 tahun, ketua konglomerat Xinjiang Tiandi Group, sengaja terbang ke kota Dingziqiao, provinsi Sichuan dengan helikopter  dan membawa hadiah untuk mereka yang berusia di atas 50 tahun. 

Suguhkan uang di atas meja tamu.

Warga diajak terbang keliling desa.

Taipan yang dermawan itu memberikan uang tunai sekitar 9 juta yuan atau Rp 18 miliar dan peralatan listrik senilai 3 juta yuan atau Rp 6,2 miliar  termasuk AC, lemari es, dan pesawat televisi. Dia juga memberi kesempatan penduduk desa berusia 60 tahun ke atas tur gratis dengan helikopter.

"Banyak lansia di desa kami yang belum pernah naik pesawat atau melihatnya sekalipun," ujarnya  seperti dikutip dari  Chengdu Business News. “Pesawat sudah sangat umum saat ini, jadi sayang sekali  jika mereka tidak pernah tahu bagaimana rasanya terbang.”

Puluhan miliar dibagikan langsung.

Para lansia di atas 60 bisa terbang langsung.

Rekaman video menunjukkan warga yang bersemangat naik helikopter dengan bantuan staf   mengenakan sabuk pengaman. Mereka diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan terbang. Klip lain menunjukkan Deng membagikan setumpuk uang tunai yang diikat  pita merah kepada penduduk desa dalam perjamuan dengan 100 meja tamu.

Zheng dilahirkan dalam keluarga miskin di kota yang kembali dikunjunginya itu pada tahun 1959. Ia kemudian bergabung dengan militer tahun 1977. Berikutnya Zheng menghabiskan waktu di rumah dengan memulai bisnis sebelum hijrah ke Urumqi di wilayah Xinjiang untuk mengembangkan bisnisnya pada tahun 1985.

Total aset diperkirakan lebih dari dua triliun.

Satu  dekade berikutnya, Zheng memperluas usaha hingga menjadi konglomerat dengan 16 anak perusahaan di bidang properti, energi, dan sektor lainnya. Tahun  2005, Zheng menempati  peringkat 146 dalam daftar  400 orang terkaya  dari Cina  versi majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan $ 154 juta atau Rp 2,1 triliun. "Dengan  sukses perusahaan, hal pertama yang muncul di pikiranku  adalah memberi sesuatu untuk negara dan kampung halaman," katanya.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR