Cuaca Dingin, Enaknya Makan Bakso Bakar. Ini Dia Resepnya

Ragam

Selasa, 12 Februari 2019 | 10:24 WIB

190212102913-cuaca.jpg

CUACA dingin seperti ini tengtunya Anda ingin menikmati sajian bakso yang lain dari yang lain daripada biasanya? Kalau bakso malang atau bakso solo sudah biasa, sesekali coba bakso bakar.

Kuliner bebakaran khas Indonesia ini biasanya disajikan dengan bumbu kecap rempah atau saus balado. Kemudian dibakar hingga terbentuk lapisan karamel yang nikmat di permukaannya.

Ada berbagai macam olahan bakso bakar dengan saus variatif yang bisa dicicipi. Berikut ini beberapa resep yang layak dipraktikkan di rumah.

1. Cara Membuat Bakso Bakar Pak Man

Kota Malang terkenal akan wisata kulinernya yang serba lezat, terutama bakso. Olahan bakso Malang pastinya bikin ketagihan karena menawarkan berbagai jenis lauk nikmat di dalam satu mangkuk. Tetapi bakso bakarnya pun pantas dicicipi.

Bakso bakar ala Malang biasanya diolah dengan saus kecap yang kaya bumbu. Salah satu yang paling banyak diburu penggemar kuliner adalah bakso bakar Pak Man. Bumbu kecapnya memiliki ciri khas rasa bawang putih yang tajam dan rasa pedas nampol.

Bagaimana cara membuat bakso bakar Pak Man? Berikut ini resep rumahan yang bisa dipraktikkan.

Resep Bakso Bakar Pak Man
Bahan:

10 biji bakso sapi, kerat-kerat permukaannya
10 tusuk sate
bawang goreng secukupnya
soun secukupnya
1 batang selediri, diiris halus
1 batang daun bawang, diiris halus
Bumbu rendaman:

5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sendok makan ketumbar
2 sendok teh merica
5 sendok makan kecap manis
2 sendok makan saus sambal
cabai rawit (sesuai selera)
gula merah secukupnya
garam secukupnya
Kuah bakso:

bawang merah goreng secukupnya
bawang putih goreng secukupnya
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
kaldu bubuk secukupnya (opsional)
Cara membuat bakso bakar Pak Man:

Haluskan bumbu rendaman, kemudian rendam bakso sapi yang sudah dikerat ke dalamnya. Setelah itu tusuk dengan tusuk sate.
Siapkan bakaran, kemudian bakar bakso sambil dioles-oles dengan bumbu rendaman. Masak sampai terbentuk lapisan karamel di permukaannya.
Panaskan sepanci air, kemudian bumbui dengan bawang merah goreng, bawang putih goreng, merica bubuk, kaldu, dan garam.
Demikian resep bakso bakar Pak Man yang bisa dipraktikkan di rumah. Sajikan bakso bakar dengan soun dan kuah bakso yang masih panas. Jangan lupakan taburan daun bawang dan seledrinya.

2. Resep Bakso Bakar Bumbu Kacang

Selain bakso bakar bumbu kecap dan bawang, bakso bakar yang disajikan bersama bumbu kacang layaknya sate ayam juga enak, lho. Apalagi kalau dilengkapi dengan sambal, irisan jeruk nipis, dan bawang goreng. Jangan lupa tambahkan lontong, jadilah menu makan malam istimewa.

Resep Bakso Bakar Bumbu Kacang
Bahan (untuk 5 porsi):

50 butir bakso sapi, dikerat
250 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
10 buah cabai merah keriting
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
4 lembar daun jeruk
2 buah jeruk limau
gula merah secukupnya
kecap manis secukupnya
air secukupnya
garam secukupnya
bawang goreng secukupnya
minyak goreng secukupnya
margarin secukupnya
tusuk sate secukupnya
Cara Membuat Bakso Bakar Bumbu Kacang:

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai merah. Lalu tumis bersama daun jeruk hingga harum dan layu. Masukkan kacang goreng yang telah dihaluskan, aduk-aduk rata lalu tambahkan air, gula merah, dan garam. Masak hingga bumbu matang, mengeluarkan minyak, dan mengental. Tambahkan kecap manis lalu aduk rata dan tes rasa. Matikan api, masukkan air perasan jeruk limau kemudian aduk rata kembali.

Tusuk-tusuk bakso, kemudian olesi dengan margarin. Bakar hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Olesi bakso bakar dengan bumbu kacang secukupnya, kemudian bakar sampai terbentuk lapisan karamel. Lumuri bakso bakar dengan bumbu kacang, kemudian sajikan bersama kecap manis, jeruk limau, dan bawang goreng sebagai taburan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR