Turun Gunung Saking Kepanasan

Rusia Darurat Beruang, Invasi Permukiman dan Masuki Rumah Hingga Warga Ketakutan

Ragam

Senin, 11 Februari 2019 | 16:00 WIB

190211160133-rusia.jpg

dailymail

Wilayah Kutub Utara Rusia dinyatakan   darurat menyusul invasi beruang kutub yang membuat warga takut keluar rumah. Dikutip dari DailMail, Senin (11/2/2019) puluhan beruang dengan agresif memasuki rumah-rumah dan gedung-gedung publik di kepulauan Novaya Zemlya. Kawasan terpencil yang ditinggali sekitar 3.000 jiwa. Pejabat setempat memperingatkan invasi massal ini.

Sejak 52 Desember beruang kutub “secara teratur” mengunjungi titik permukiman utama, Belushya Guba. Beberapa di antaranya berperilaku agresif. Warga pun ketakutan dan hanya keluar rumah untuk urusan yang emergensi. “Kehidupan sehari-hari warga dalam kekacauan,” ujar wakil kepala pemerintahan lokal, Aleksandr Minayev.

OMG.

Memasuki rumah warga.

Berkeliaran di sekitar sekolah.

Warga ketakutan.

Orangtua juga dibuat khawatir membiarkan anak-anaknya sekolah, terutama anak usia taman kanak-kanak. Apalagi kasus perilaku agresif hewan liar termasuk serangan terhadap manusia, penetrasi ke bangunan tempat tinggal dan kantor kini bukan mustahil. "Selalu ada enam sampai 10 ekor beruang di permukiman."

Beruang-beruang juga ikut menginvasi garnisun militer dan benar-benar  mengejar orang serta memasuki pintu blok apartemen. Terlepas dari pengepungan ini, warga tetap diperingatkan bahwa mereka akan menghadapi tuntutan hukum jika sampai  menembak spesies yang terancam punah ini.

Puluhan dan agresif.

Ke mana-mana.

Tak pernah semasif ini.

Permintaan dilayangkan ke Moskow agar  mengizinkan penembakan terhadap beruang kutub yang nyasar ini. Tapi beberapa kali upaya ini mendapat penolakan dari aktivis pelestarian alam. Alih-alih, tim spesialis  dikirim  untuk memberi “saran” kepada warga mengenai  tindakan lain guna  mencegah kedatangan beruang. Keluhan juga datang dari pejabat setempat.

Ini menyoal patroli kendaraan dan patroli anjing yang belum efektif karena beruang kutub tadi merasa aman. Invasi beruang kutub ini dipengaruhi pemanasan global dengan mencairnya es Kutub Utara hingga memaksa mereka menghabiskan lebih banyak waktu di tanah tempat mereka bersaing untuk mendapatkan makanan. Di luar itu Rusia memiliki pasukan udara dan pertahanan udara yang berbasis di Novaya Zemlya. Kepulauan  Arktik yang digunakan untuk uji coba nuklir.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR