Nomor 1 ternyata Ada di Asia, Wisata ke Kota-kota Paling Bersalju di Dunia

Ragam

Rabu, 30 Januari 2019 | 14:30 WIB

190130142620-nomor.jpg

dailymail

Saat ini sebagian wilayah Amerika Serikat dilanda suhu dingin yang terbilang ekstrem. Bahkan bagi yang biasa dengan salju pun suhu saat ini dirasa melebihi normal. Dan jika fenomena di AS saat ini dipicu polar vortex, sejumlah kota di beberapa negara sudah lebih dulu dikenal dengan saljunya di setiap musim dingin.

Ada sedikitnya sepuluh kota yang sejauh ini banyak dikunjungi berkat ketebalan salju abadinya. Kota apa dan di mana saja? Berikut di antaranya seperti dikompilasi DailyMail beberapa waktu lalu berdasarkan ranking AccuWeather.

10. Buffalo, AS

Terletak di hulu Sungai Niagara, tepatnya bagian utara New York, Buffalo melengkapi daftar di posisi 10 dengan rata-rata ketinggian salju di bawah 2,4 meter setiap tahun. Sebagian besar salju turun antara Desember dan Maret. Satu-satunya pengecualian yaitu tahun 2015 ketika angin El Nino yang kuat membuat salju tidak turun.

9. Rochester, AS

Terletak di New York bagian utara, Rochester juga memiliki salju rata-rata salju yang sama dengan Buffalo. Di sini  selama bulan-bulan suhu  seringnya turun hingga nol derajat Fahrenheit (-17C). Namun di musim panas, suhu bisa naik hingga 29 derajat Celcius.

8. Akita, Jepang

Akita yang berada di pantai barat laut pulau Honshu  Jepang tercatat dengan salju tahunan di bawah 2,7 meter. Kota ini menjadi lokasi  resor ski dan seluncur salju berkat konturnya yang bergunung-gunung. Akita sendiri menghadap ke Danau Tazawa,  danau kawah terdalam di Jepang.

7. Saguenay, Kanada

Di tempat ketujuh ada Saguenay di Quebec, Kanada, yang memiliki rata-rata salju 3,1 meter setiap tahun. Suhu musim dingin di sini turut dipicu air dingin dari Labrador Current yang berasal dari Atlantik Utara. Saguenay terkenal berkat aktivitas musim dingin seperti seluncur salju, memancing di air es, dan snow-shoeing.

6 . Syracuse, AS

Kota Syracuse di negara bagian New York menjadi kota yang paling bersalju di AS dan kota paling bersalju kelima  di dunia. Syracuse biasanya memiliki rata-rata 3 meter salju setiap musim dingin karena dekat dengan Danau Ontario dan seringkali dihantam badai siklon. Kota ini  juga menjadi rumah bagi salah satu universitas paling bergengsi di Amerika.

5. Quebec City, Kanada

Ibu kota provinsi Quebec Kanada ini menempati urutan kelima dalam daftar kota-kota paling bersalju di dunia dengan rata-rata salju mencapai 3,19 meter setiap tahun. Salju biasanya turun di Kota Quebec antara Desember dan April. Untuk merayakan musim salju yang lebat, setiap tahun karnaval musim dingin diadakan pada bulan Februari.

4. St. John's, Kanada

St John's yang berada di pulau Newfoundland  Kanada mengalami rata-rata salju di bawah 3,3 meter setiap tahun. Daerah ini dikenal karena cuacanya yang ekstrem.  St John's juga kota Kanada yang paling berkabut, berangin, dan paling suram. Bulan terdingin di sini adalah Februari, di mana suhu rata-rata bisa turun hingga -8,6C.

3. Toyama, Japan

Kota paling bersalju ketiga di dunia dan Jepang adalah Toyama, yang terletak di pantai barat dengan rata-rata salju di bawah 3,6 meter setiap tahun. Di musim panas, Toyama memiliki iklim subtropis yang lembab tetapi antara Desember dan Maret, merkuri merosot dan inilah saat sebagian besar salju turun. Diperkirakan lokasi dan posisi pantai kota yang berada tepat di bawah sabuk salju Jepang menyebabkan hujan salju musim dingin di sini terbilang deras.

2. Sapporo, Jepang  

Sapporo di pulau Hokkaido, adalah tempat bersalju kedua di dunia dengan rata-rata salju setebal 4,8 meter per tahun. Bandara di sana digunakan oleh pemain ski dan snowboarder yang menuju Niseko, resor ski yang terkenal di dunia. Di sini ketinggian salju kerap mencapai paha. Penduduk Sapporo juga menikmati Festival Salju Sapporo di mana mereka bisa menyaksikan  patung es dan patung salju. Kota ini juga menggelar Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1972.

1. Aomori City, Japan

Terletak di pantai utara pulau Honshu Jepang, Kota Aomori menjadi kota paling bersalju di dunia  dengan tinggi salju rata-rata 7,9 meter. Sebagian besar salju turun antara November dan April. Jalan-jalan yang bersalju  selama bulan-bulan  menjadikanna mirip koridor salju dengan pemandangan dramatis.

Para ahli meteorologi mengatakan  hujan salju yang lebat di Aomori dipicu  angin yang bertemu udara yang naik dan mendingin dengan cepat. Ini mempercepat pembentukan awan dan  cuaca dingin dari Asia timur laut. Rekor suhu terendah di sini  -24,7C pada tahun 1931.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR