Ada Belasan Ekor

Panik Massal, Buaya Nyelonong ke Pantai Warga Pontang-panting Selamatkan Diri

Ragam

Rabu, 16 Januari 2019 | 13:30 WIB

190116131225-buaya.jpg

dailymail

Asyik menikmati pantai, pengunjung  mendadak berlarian menyelamatkan diri. Mereka  kocar-kacir berlarian di antara syok dan kepanikan setelah seekor buaya besar mendadak menyerbu pantai. Tak itu saja, hewan reptil itu pun  berjalan ke arah pantai.

Klip  insiden menakutkan di Taman Alam Nasional Tayrona, Santa Marta, Kolombia Utara itu langsung viral. Dikutip dari DailyMail, Rabu (16/1/2019)dalam video tadi terlihat bagaimana warga yang tengah berjalan langsung santai dikagetkan kehadiran reptil raksasa yang muncul dari semak sekitar.

OMG.

Ternyata ada belasan ekor.

Jeritan dan teriakan terdengar saat pengunjung  menyerbu ujung pantai untuk melarikan diri dari si buaya. Sementara itu buaya berukuran besar itu sama sekali tak terganggu dengan banyaknya warga di sekitar. Hewan bersisik keras itu berjalan menuruni pasir di antara pengunjung yang semburat berlari ke mana saja.

Menanggapi peristiwa ini pejabat taman nasional mengingatkan pengunjung pantai jika  taman itu didirikan untuk melindungi satwa liar. Ia juga berharap warga bisa tetap menikmati pantai tanpa ketakutan setelah viralnya video “buaya  nyelonong” ini. Ia juga memastikan kehadiran buaya sebenarnya merupakan pertanda positif.

Panik massal.

Sedangkan di hari nahas itu para penjaga mengevakuasi pantai. Mereka bergerak cepat  menyelamatkan buaya agar tidak merasa terancam oleh   warga yang meski takut tapi juga tetap ingin  memfilmkannya dengan smartphone.

Direktur taman nasional Luz Elvira Angarita mengatakan bukan hal yang aneh melihat buaya di daerah itu. “Ini merupakan pertanda baik bagi keanekaragaman satwa liar di taman. Penting untuk diingat habitat ini tidak hanya untuk dinikmati orang, tetapi juga perlindungan spesies satwa liar,” ujarnya.

Habitat alami.

Di luar itu buaya Amerika  yang dikenal di Kolombia sebagai Caiman Aguja, dapat mencapai panjang 6,1 meter dengan berat 907 kilogram. Mereka berpotensi berbahaya bagi manusia tetapi cenderung tidak seagresif beberapa spesies lainnya. Para ahli menyarankan siapa pun  untuk berada di radius 20 meter dari buaya, tidak memprovokasi dan tidak berenang di daerah habitatnya.

Ada sekitar 15 ekor buaya yang ikut tinggal di taman nasional dan mereka  dapat juga ditemukan di Florida Selatan dan pantai-pantai Meksiko hingga ke selatan seperti Peru dan Venezuela. Dan perburuan, polusi serta hilangnya kebiasaan alami ikut menggerogoti jumlah mereka.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR