Indikator Stres Instan, Hati-hati Jika Sampai Gambar Ini Terlihat Bergerak

Ragam

Kamis, 10 Januari 2019 | 14:30 WIB

190110141802-jika-.jpg

dailymail

Satu lagi foto ilusi optik menjadi perhatian netizen alias viral. Kali ini hasil rancangan ahli saraf Jepang, Yamamoto Hashima. Foto langsung viral karena selain kemampuan gambar yang  bergerak, pola gerakan yang berbeda untuk setiap orang diklaim menjadi indikator tingkat stres.

Sederhananya, siapa pun yang melihat bola pada foto ini bergerak maka dipastikan tengah mengalami stres. Semakin kencang laju bola yang dilihat semakin tinggi tingkat stres yang diderita. Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, banyak juga yang kemudian mencobanya.

Any move...?

Hasilnya tak sedikit testimoni yang menyebut si bola pada gambar benar-benar bergerak dan tak sedikit pula yang melakukan “investigasi”. Ternyata tak ada nama ahli saraf Jepang, Yamamoto Hashima dimaksud. Mereka yang sejak awal skeptis menyebut ilusi optik tadi hasil desainer Ukraina bernama Yurii Perepadia.

Gambar sendiri pertama kali diposting dengan keterangan menggoda: Jika gambar yang Anda lihat diam maka Anda sedang tenang, jika sedikit bergerak artinya Anda stres dan jika bola bergerak seperti karusel maka Anda stres berat!

The caption.

Laporan Snopes, gambar tadi dibuat  Perepadia, desainer berusia 50 tahun dari Oleksandriya, Ukraina. Gambar dibuat tahun 2016 berdasar karya Akioshi Kitaoka, profesor psikologi Jepang dengan spesialisasi  persepsi visual dan ilusi visual. Jadi ilusi  Perepadia ini tidak ada hubungannya dengan seberapa stres perasaan Anda dan tidak ada juga yang bernama Yamamoto Hashima.

”Psikoterapis Jepang Yamamoto Hashima tidak ada hubungannya dengan gambar ini,” demikian konfirmasi Perepadia via Instagram, menyusul ramai foto indikator stres dadakan ini. “Dan... tak ada itu  Yamamoto Hashima!” Bagaimana dengan mereka yang mengaku melihat gambar benar-benar bergerak?

Entahlah, stres mungkin..

 

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR