Sueger, Ini Dia Resep Es Goyobod

Ragam

Minggu, 6 Januari 2019 | 10:10 WIB

190106101013-suege.jpg

resepdanmasakan.com

Es Goyobod

CUACA panas yang terjadi saat ini sangat cocok jika didinginkan dengan minuman segar. Salah satu yang pas yaitu es Goyobod.  

Es goyobod sudah cukup melegenda di tatar Sunda termasuk di Kota Bandung. Es ini mudah ditemui di sejumlah titik  Kota Bandung.

Namun di hari libur, tak da salahnya jika kita mencoba membuat es goyobod sendiri. Lalu apa saja bahan dan resepnya?

Berikut kami sajikan resep es goyobod seerti yang ditulis theboxsceneproject.org:

Bahan:

Tepung Hunkwee 50 gram
Santan encer 300 ml
Air 300 ml
Daun pandan 2 lembar
Gula merah 200 gram
Santan kental 300 ml
Kelapa muda 1 butir, kerok
Alpukat 1 buah, kerok
Es serut sesuai selera

Tips dan Cara Membuat Es Goyobod:

1. Pertama-tama kita buat goyobod, ambil panci lalu panaskan tepung hunkwee dan santan encer. Rebus dan jangn lupa sesekali diaduk-aduk. Hal ini supaya tidak ada adonan yang menempel di dasar panci. Lanjutkan hingga mengental.

2. Adonan diangkat dan di masukkan ke dalam loyang, kemudian anda diamkan dulu sampai mengeras. Sebaiknya tidak terlalu tebal agar lebih mudah dipotong. Setelah dingin, potong membentuk dadu/ sesuai selera.

3. Bila ingin tampilan es goyobod lebih berwarna dapat menambahkan perasan air dari daun suji atau pandan atau pewarna khusus makanan. Kalau tanpa pewarna, hasilnya goyobod berwarna abu-abu kecoklatan.

4. Selanjutnya siapkan kuah, panaskan air dan gula merah sampai mencair. Tambahkan daun pandan lalu aduk-aduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.

5. Tinggal penyajian masukkan kelapa muda, alpukat dan jelly goyobod ke dalam gelas. Tambah es serut dan siram dengan kuah gula juga santan sesuai selera anda. Resep es goyobod telah selesai, siap disantap untuk menghilangkan rasa haus.

Kalau ingin merasa lebih kenyang bisa saja menambahkan pacar cina atau mutiara dan juga irisan roti tawar. Untuk dapat menambahkan rasa manis, kita bisa memakai susu kental.

Yuk kita coba...

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR