180912154809-melah.jpg

dailymail

Melahirkan di Pinggir Jalan, Ibu Muda Gunting Ari-ari Bayinya dengan Kuku

Ragam

Rabu, 12 September 2018 | 15:48 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Seorang ibu terpaksa melahirkan di pinggir jalan karena si jabang bayi keburu “keluar “ sebelum sampai di rumah sakit. Jarak yang juga tak memungkinkan membuatnya menangani si bayi seadanya saat itu juga.

Di antaranya menggunting tali ari-ari dengan menggunakan kuku dan batu. Dari dokumentasi yang kemudian viral tersebut, pemandangan yang membuat ngilu tadi tersaji di salah satu jalanan desa di India.

Dikutip dari DailyMail belum lama ini, di hari yang membahagiakan sekaligus memprihatinkan itu, ibu muda bernama Chodipalli Muttayamma menuju rumah sakit dengan digotong menggunakan sarung dan bambu. Digotong kerabat mereka menapaki jalanan menuju rumah sakit.

Tak ada akses yang mudah.

Terpaksa seadanya.

Tapi baru setengah jalan, perempuan berusia 24 tahun itu rupanya sudah kontraksi hingga akhirnya bayi perempuannya lahir. Usai menggunting tali ari-ari bayi dengan kuku dan batu, akhirnya rombongan kembali pulang.

Soal rekaman yang dibuat pihak keluarga, diakui hal itu sengaja dilakukan sebagai bagian dari bentuk protes. Selama ini desa tempat mereka tinggal dan 450 desa lainnya belum memiliki infrastruktur memadai.

“Ini untuk mengingatkan pentingnya jalan hingga transportasi tak lagi sulit. Selama ini tak ada yang peduli jika kami mati sekalipun,” ujar seorang kerabat Muttayamma. “Kami tidak tahu bagaimana dan ke mana harus mengadu, jadi mungkin membuat video seperti ini akan membantu,” lanjutnya.

Viral dan menarik perhatian.

Menyusul ramai pemberitaan soal ibu melahirkan di pinggir jalan, aparat pemerintah terdekat kabarnya sudah mendatangi rumah keluarga Muttayamma. Sementara pejabat pusat medis setempat, Vijaya Laxmi mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya penanganan.

“Sejumlah staf kami turunkan ke desa sang ibu dan penanganan medis pun dilakukan. Vaksinasi pun sudah dilakukan,” ujarnya. Sedangkan petugas kesejahteraan suku senior mengaku proses pembangunan infrastruktur yang akan menghubungkan 450 desa yang selama ini kesulitan akses.

Di mana Muttayamma tepatnya tinggal? Well, they didn’t mention it..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR