180810141010-momo.jpg

dailymail

Hantui Lima Negara, Jangan Pernah Balas Pesan WhatsApp dari Momo

Ragam

Jumat, 10 Agustus 2018 | 14:51 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Challenge baru yang kini viral menjadi peringatan bagi siapa saja yang memiliki anak dengan akses aplikasi WhatsApp. Tantangan bernama Momo ini ditandai display picture (DP) karakter bernama sama, boneka mengerikan karya seniman Jepang Midori Hayashi. Dikutip dari DailyMail kemarin, terakhir tantangan Momo diduga membuat seorang bocah dari Argentina mengakhiri hidup.

Sederhananya akun Momo menantang siapa saja untuk memasukkan nomor mereka pada daftar kontak. Setelah itu akun tadi akan membroadcast berbagai gambar menakutkan dan foto-foto kekerasan, termasuk tantangan khusus hingga yang paling ekstrem: bunuh diri. Sebelum dijadikan DP. Momo sudah lebih dulu dikenal. 

Momo with dadda, Midori Hayashi.

Do NOT.

Tak seperti boneka kebanyakan yang biasanya lucu, Momo dibuat sebagai ekspresi gelap. Tampilannya tak kurang dari perempuan dari dunia lain dengan mata mirip tengkorak, mulut tersayat dan tubuh setengah menusia setengah hewan. Meski dibuat Midori tapi sang seniman sama sekali tak berhubungan dengan tantangan viral ini.

Laporan Buenos Aires Times, setelah viral di Amerika Serikat, Prancis, Meksiko dan Jerman, Argentina dikejutkan kematian bocah 12 tahun yang sebelum mengakhiri hidup diketahui aktif melakukan berbagai tantangan Momo. Menyusul kasus ini otoritas di berbagai negara menyampaikan keprihatinan sekaligus kekhawatiran atas tantangan baru yang memicu persoalan mental di kalangan muda.

Hi from Momo.

Slenderman.

Di Spanyol peringatan aktif disampaikan berbagai akun grup yang menentang penggunaan aplikasi komunikasi sebagai kanal “kreativitas gelap” seperti Guardia. Selain Momo ternyata tantangan serupa sempat viral dengan nama Slenderman. Sosok fiksi pria berkaki panjang tanpa wajah ini juga dikenal karena tantangan bagi para pengikutnya.

Kasus menonjol dari Slenderman tercatat tahun 2014 saat remaja bernama Morgan Geyser (15) asal Wisconsin membujuk temannya ke hutan. Di sana bersama temannya yang lain, Morgan menikam korban belasan kali hingga tewas. Akibatnya Morgan divonis hukuman 40 tahun.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR