Mendapat Ampunan dengan Baca Doa Saat Berpakaian

Mendapat Ampunan dengan Baca Doa Saat Berpakaian

Ragam

Selasa, 21 Maret 2017 | 03:12 WIB

Wartawan: H. Dicky Aditya

AGAMA Islam mengatur semua persoalan dengan sangat baik. Tidak ada hal yang diremehkan, bahkan cara berpakaian saja mendapat perhatian dari agama yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam ini.

Pakaian menempati posisi penting dalam Islam. Dengan lembaran kain yang menutupi tubuh ini, aurat yang menjadi harta berharga kaum mukmin terjaga dengan baik. Inilah yang membuat pakaian menempati posisi yang mulia.

Ternyata, berpakaian saja menjadi ladang amal bagi Kaum Muslim. Bahkan bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu. Namun ini hanya bisa didapatkan jika kita mengamalkan doa ini saat berpakaian. Seperti apa doa yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Hal ini dijelaskan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam dalam sabdanya. Jika doa ini dibacakan saat berpakaian, maka berhak bagi mereka ampunan dosa yang telah lalu. Disebutkan dalam kitab al-Adzkar, Imam an-Nawawi mengutip satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni. Dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam bersada yang artinya:

“Barang siapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, (Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin-segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani)

Namun pakaian yang dipakai tentunya harus sesuai dengan tuntunan Alquran. Dengan tetap menjaga dan menutup aurat yang sesuai dengan syariat. Inilah keuntungan menjadi Muslim, setiap kegiatan yang diawali dengan doa yang baik maka berbuah pahala dan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

“Hai, anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagaian dari tanda-tanda Kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS Al A’raf : 26).

Semoga kita senantiasa bisa mengamalkan doa ini sehari-hari. Karena dalam sehari, kita bisa berpakaian dua sampai tiga kali. Sehingga sangat disayangkan jika kita melewat kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR