181005162342-pemka.jpg

dokumen galamedianews.com

Pemkab Bandung Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Pojok Sabilulungan

Jumat, 5 Oktober 2018 | 16:21 WIB

Wartawan: Ziyan

BUPATI Bandung, H. Dadang M. Naser mengungkapkan turut berduka cita atas musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah, pekan kemarin. Sebagai upaya meringankan beban para korban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan melakukan penggalangan dana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir jumlah korban meninggal akibat gempa dan tsunami di Palu-Donggala dan Sigi mencapai 1000 lebih jiwa. Selain itu, ribuan korban yang selamat terpaksa mengungsi di tenda-tenda pengungsian.

"Sudah seharusnya kita sesama manusia untuk saling tolong-menolong membantu sesama. Kita yang masih diberikan nikmat oleh Allah, harus juga bisa bermanfaat untuk orang disekitar kita. Sehingga ini panggilan untuk kita, salah satunya membantu lewat penggalangan dana," ujar Dadang saat ditemui di Maasjid Al-Fathu, Soreang, Kab. Bandung, Jumat (5/10/2018).

Dadang mengatakan, saat ini pihaknya juga telah mengumpulkan dana untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Total dana yang terkumpul dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bandung,  mencapai kurang lebih Rp 500 juta.

"Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan sekolah atau Pesantren tahan gempa yang berada di Lombok. Disperkimtan Kabupaten Bandung akan ditugaskan untuk mengawal program bantuan ke Lombok membangun sekolah atau pesantren," katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu, menambahkan, penggalangan dana dilakukan sebagai bentuk kepedulian sesama warga Indonesia. Sekaligus cermin ketika Kabupaten Bandung pernah mengalami gempa di Pangalengan beberapa tahun silam.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR