180914170050-bupat.jpg

dokumen galamedianews.com

Ilustrasi.

Bupati Sambut Baik Rencana Dibukanya Jalur Kereta Api Bandung-Ciwidey

Pojok Sabilulungan

Jumat, 14 September 2018 | 17:00 WIB

Wartawan: Ziyan

BUPATI Bandung, H. Dadang M. Naser mendukung penuh langkah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan kembali membuka akses jalur kereta api Bandung menuju Ciwidey. Namun, pihaknya mengaku belum mendapatkan pemberitahuan secara langsung dan baru mengetahuinya dari media massa.

"Saya sangat setuju dari dulu juga, silahkan merespon kereta api menjadi kendaraan massal, karena memang untuk memanej transportasi darat. Karena kan sebenarnya rencana ini sudah terdengar lama, cuma sampai saat ini belum terealisasi," ujar Dadang saat ditemui di Masjid Agung Al Fathu Soreang, Kab. Bandung, Jumat (14/9/2018).

Menurut Dadang, keberadaan kereta api dari Bandung menuju Ciwidey akan mendukung dunia pariwisata yang ada disana. Selain itu, di negara-negara maju selalu terdapat transportasi kereta api yang digunakan oleh masyarakat setempat.

"Kalau sudah jelas di Pemerintah Pusat dan Provinsi, kami di daerah akan turun tangan (menertibkan bangunan di sepanjang jalur kereta api). Karena saat ini banyak masyarakat yang tinggal di jalur rel kereta api. Sehingga pemerintah harus memperhatikan hak dan kewajiban terhadap penghuni disana," katanya.

Dirinya menambahkan, wacana membuka kembali jalur kereta api Bandung-Ciwidey sudah pernah diutarakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kemudian saat ini diutarakan kembali oleh Gubernur Jabar baru. Dadang berharap, agar apa yang disampaikan tidak hanya sekadar menjadi wacana semata.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memfokuskan kembali rencana reaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat. Keempat jalur tersebut yakni rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencana reaktivasi empat jalur kereta api tersebut dibahas saat dirinya bertemu dengan direktur PT KAI beserta jajarannya di Gedung Sate. Reaktivasi jalur kereta dipandang menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR