Kawanan Monyet pun "Menyimak" Kampanye Ridwan Kamil di Lembang

istimewa

Kawanan Monyet pun "Menyimak" Kampanye Ridwan Kamil di Lembang

Pilkada

Rabu, 13 Juni 2018 | 23:14 WIB

Wartawan: Enton Supriatna

ADA yang unik pada kampanye cagub Jabar nomor urut 1 Ridwan Kamil di Ciwangun Indah Camp (CIC) di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu, 13 Juni 2018. Saat Kang Emil memarparkan visi misi dan programnya di hadapan ratusan warga Parongpong, tiba-tiba seekor monyet datang di atas atap rumbia dan melihat kerumunan orang-orang.

“Tuh ada monyet, luar biasa, baru kali ini kampanye saya pesertanya monyet, bisa masuk MURI,” kata Kang Emil sambal menunjuk seekor monyet yang sedang melihat kearah kerumunan warga. Kontan warga pun memaling mukanya ke salah satu atap vila, yang ditunjuk Kang Emil. Namun ketika banyak warga melihatnya, monyet itu pergi.

Ketika Kang Emil mau melanjutkan kalimatnya, dia lupa. “Gara-gara monyet, saya jadi lupa tadi ngomong apa,” ujarnya. Lantas warga pun mengingatkan bahwa Kang Emil tengah bicara tentang Kredit Mesra. Saat asyik menjelaskan tentang Kredit Mesjid Sejahtera, lagi, Kawanan monyet, sekitar 5 ekor datang di atas atap vila yang sama. Mereka pun melihat kerumnan orang dibawahnya,

“Tuh kan, dia datang lagi ngajak teman-temannya. Mudah-mudahan ini pertanda baik, monyet saja membawa teman-temannya untuk memilih Rindu, masa kita tidak bisa memaksimalkan kemenangan untuk Rindu,” ujarnya. Kontan warga pun tertawa sambil melihat ke arah atap vila dan benar mereka melihat 5 ekor monyet-monyet kecil. Tapi begitu banyak orang yang melihat, monyet-monyet itu berlarian menjauh dari penglihatan kerumunan orang.

Lalu Kang Emil melanjutkan orasinya di hadapan warga. Terkait pariwisata, Kang Emil berkomitmen akan membangun Jawa Barat melalui pariwisata. Menurut dia, banyak ekonomi ikutannya yang tumbuh dari pariwisata. Mulai dari transportasi, restoran, hingga petani pun kebagian rezeki karena restoran butuh sayuran, begitu peternak ikan, ayam maupun kambing, pasti laku.

“Destinasi wisata di suatu tempat harus mampu menumbuhkan ekonomi warga sekitarnya,” kata Kang Emil.
Karena itu, agar destinasi tumbuh menjadi destinasi unggulan, pemerintah kata Kang Emil harus turun tangan, membenahi infrastrukturnya, membuat destinasi lebih unggul dan memadai fasilitasnya.

“Di Kuningan ada wisata selfie di sebuah bukit hanya karena di bukit itu difasilitasi tempat selfie yang bagus dan menarik. Orang yang mau selfie bayar Rp 10 ribu, pendapatan tempat wisata itu per tahun mencapai Rp 1,5 miliar. Nah itu satu inovasi yang bisa ditiru di destinasi wisata lain di Jabar,” kata Kang Emil.

Oleh karena itu, Kang Emil berkomitmen, jika terpilih menjadi gubernur dia akan membangun destinasi di Jawa Barat berkelas dunia. Menurut dia, Jawa Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa. Potensi itulah yang harus digali menjadi destinasi unggulan, tapi membawa masyarakatnya sejahtera.

Karenanya Rindu punya program satu wilayah satu destinasi unggulan nomor satu yang akan dikembangkan dengan melibatkan masyarakat agar mereka juga ikut sejahtera. Ketika misalnya, Lembang, yang merupakan kawasan wisata ini mempunya banyak titik macet, maka dia punya gagasan besar membuat cable car.

“Saya akan bangun cable dari terminal Ledeng sampai Pasar Lembang ini. Sehingga turis-turis cukup parkir di Ledeng, kemudian berwisata naik cable car sampai ke Lembang,” ujar Kang Emil.

Pada kesempatan itu, Wali Kota yang meraih 320 penghargaan ini juga mendapat dukungan dari Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) Kabupaten Bandung Barat. “Saya berterima kasih kepada Kompepar, semoga dukungan ini memaksimalkan kemenangan Rindu,” ujarnya.

Ketua Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) Kabupaten Bandung Barat Kosasih menyatakan alasan organisasinya mendukung Rindu karena Ridwan Kamil seorang pemimpin yang membawa perubahan.

“Saya lahir di sini, saya tahu Bandung seperti apa sebelum dan setelah Kang Emil memimpin. Ditangan Kang Emil Bandung 360 derajat berubahnya, dan sekarang jadi juara. Saya insan pariwisata, yang visi misinya sama dengan Kang Emil tentu akan mendukung dan berjuang memenangkan Ridwan Kamil,” ujarnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR