180613231224-lembaga-masyarakat-desa-hutan-jabar-dukung-rindu.jpg

istimewa

Lembaga Masyarakat Desa Hutan Jabar Dukung Rindu

Pilkada

Rabu, 13 Juni 2018 | 23:11 WIB

Wartawan: Enton Supriatna

PASANGAN calon Gubernur dan Wagub Jabar Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dua minggu jelang pencoblosan terus memanen dukungan baik dari masyarakat maupun kelompok atau organisasi kemasyarakatan. Hari ini, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa Barat mendeklarasikan dukungannya untuk memenangkan kontestasi Pilgub Jabar 27 Juni 2018.

Deklarasi dibacakan oleh Penasihat Paguyuban LMDH Jabar Saepudin dan disaksikan puluhan perwakilan petani di bawah naungan LMDH Jabar, di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu, 13 Juni 2018.

Deklarasi dukungan yang ditanda-tangani oleh Ketua LMDH Jabar Lee Roy Matita berisikan 2 point utama. Pertama, apabila Rindu terpilih sebagai gubernur dan wagub Jabar periode 2018-2023, dapat memberikan penguatan terhadap keberadaan LMDH di Jabar, antara membuat program pemberdayaan masyarakati di setiap desa yang berbatasan dengan hutan dan mendorong percepatan pelaksanaan perhutanan social.

Kedua, LMDH Jabar dengan sepenuh hati mendukung dan akan memperjuangkan pemenangan Rindu di semua jejaring LMDH yang tersebar di Jabar.

Saepudin menyatakan, sejatinya Ketua LMDH Jabar akan membacakan nota kesepahaman tersebut, namun Roy Matita berhalangan hadir karena mertuanya sakit.

“Tapi itu tak mengurangi khimatnya acara deklarasi. LMDH Jabar sepenuhnya mendukung Rindu karena Rindu punya komitment pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa hutan. Kami juga melihat kepemimpinan Ridwan Kamil yang berhasil dalam membangun Bandung dan kami berharap keberhasilan itu ditularkan di kabupaten lain di Jabar,” kata Saefudin.

Senada dengan Saepudin, Eson, petani kopi sangat berharap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dapat membawa perubahan bagi masyarakat desa hutan. “LMDH Kabupaten Bandung Barat, memiliki desa binaan sebanyak 1.400 desa. Mereka menunggu tangan seorang pemimpin yang amanah untuk membawanya pada kesejahteraan,” ujarnya.

Mendengar aspirasi tersebut, Ridwan Kami menyatakan bersyukur dan terharu. Dia menyebut dukungan dari LMDH itu sangat istimewa sebab di sisa waktu kampanyenya yang tingga 2 minggu lagi ini, dukungan terus mengalir dari berbagai kalangan.

“Mudah-mudahan warga di 1.400 desa yang dekat dengan hutan ini betul-betul bisa memaksimalkan kemenangan Rindu dan kami juga berkomitmen akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hutan ini dengan membangun perhutanan social dengan inovasi-inovasi baru tanpa merusak lingkungan,” kata Wali Kota Bandung yang meraih 320 penghargaan ini.

Kang Emil menjelaskan sesuai hasil survey, orang atau kelompok orang memutuskan pilihan pada H-3 minggu, H-2 minggu hingga H-3 hari. Di sisa waktu yang tinggal 13 hari, Kang Emil menyatakan akan etap bersilahturahmi dengan warga. Karenanya hari ini, Kang Emil mendatangi Pasar Lembang. Di sana, baik pembeli maupun pedagang menyambut antusias Kang Emil dengan berswa foto dan bersalaman.

“Sekarang mood kita semua sedang happy, bahagia, karena 2 hari agi kita masuk Lebaran. Saya optimis, target KBB dan Bandung Raya di atas 50 persen. Karena basis saya ada di Bandung Raya. Jadi di sisa waktu sampai hari pencoblosan ini saya akan focus mengunjungi warga di rumah sendiri, yakni Bandung Raya, “ kata dia.

Menurut Kang Emil, potensi basis suara Rindu atara lain di Priangan Timur dan di selatan Jabar sampai Bogor. “Kepada Pak Uu saya titip di Priangan Timur, dan di wilayah lain seperti Cianjur Sukabumi, Bogor, Pantura tetap saya pelihara dukungan agar perolehan suara Rindu semakin maksimal,” ujar peraih 50 Pemimpin Terbaik Dunia 2018 versi Majalah Fortune ini.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR