Hasil Survei BBI, Paslon Yossi-Aries Unggul di Pilwalkot Bandung 2018

Hasil Survei BBI, Paslon Yossi-Aries Unggul di Pilwalkot Bandung 2018

Pilkada

Jumat, 8 Juni 2018 | 20:33 WIB

Wartawan: Yeni Siti Apriani

HASIL survei Barometer Bandung Intitute (BBI) yang dilakukan pada 5-15 Mei 2018, Paslon Yossi Irianto - Aries Supriatna unggul di Pilwalkot Bandung 2018. Pasangan nomor urut 2 tersebut unggul sebesar 38,5 persen, baik secara elektabilitas dan popularitas.

Barometer Bandung Institute melakukan survei dengan mengambil responden sebanyak 400 orang dari 30 Kecamatan, serta 155 Kelurahan secara acak. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan menggunakan wawancara dengan setiap unit sampel yang terpilih dengan margin error 5 persen.

Peneliti Barometer Bandung Institute Prof. Ace Suryadi, Ph. D, menuturkan, hasil survei tersebut menempatkan pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna di posisi pertama dengan presentase mencapai 38,5 persen. Sementara pasangan Oded M. Danial-Yana Mulyana dengan raihan suara 34 persen
 dan pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat hanya mampu terpiluh sebanyak 27,5 persen.

"Hasil ini merupakan penelitian kami yang melakukan survei secara tatap muka dalam waktu 10 hari. Hasilnya, pasangan nomor dua unggul baik secara elektabilitas maupun popularitas," ujar Ace saat merilis hasil survei di Hotel Santika, Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Menurut Ace, latar belakang birokrasi menjadi faktor yang penting bagi masyarakat dalam menentukan pilihan guna mencari pemimpin baru di Kota Bandung. Terlebih, Bandung merupakan Ibu Kota Provinsi dan kerap jadi sorotan dalam berbagai hal birokrasi.

"Para calon pemilih cenderung akan memilih ke Paslon yang mempunyai pengalaman di pemerintahan dan teruji, rencana dan program. Kemudahan dalam birokrasi menjadi sorotan pemilih dan mayoritas berharap dari kalangan tersebut untuk pemimpin nantinya," sambung Ace.

Berbagai program yang ditawarkan paslon pun menjadi salah satu pertimbangan bagi pemilih seperti terkait peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan (27,4 persen), pemantapan kualitas infrastruktur perkotaan dan pengelolaan lingkungan hidup (20,4 persen).

Pada 30 Mei lalu, Bandung Research and Consulting menempatkan pasangan Hebring berada di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas mencapai 38,3 persen. Sedangkan Oded-Yana meraih 32,4 persen dan Nurul-Chairul hanya meraih 18,2 persen.

Sementara, berdasarkan survei yang digelar Indonesia Strategic Institute (Instrat), pasangan Yossi-Aries juga mengungguli dua paslon lainnya dengan raihan elektabilitas sebesar 29,77 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati Oded-Yana dengan 29,09 persen dan Nurul-Chairul berada di peringkat buncit dengan raihan 27,27 persen.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR