Pasangan Oya Akan Siapkan Bus Khusus ASN

ist

Pasangan Oya Akan Siapkan Bus Khusus ASN

Pilkada

Selasa, 17 April 2018 | 18:37 WIB

Wartawan: Rio Ryzki Batee

PASANGAN Calon (Paslon) OYA, Oded M Danial-Yana Mulyana akan menyiapkan bus khusus bagi aparatur sipil negara (ASN), sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan.

Bus tersebut akan berangkat dari titik jemput ASN di gerbang masuk Kota Bandung, untuk kemudian melayani transportasi ASN di sepanjang rute menuju kantor pemerintahan.

“Bus ini nanti disediakan untuk melayani ASN, sekaligus mengurangi ketergantungan moda transportasi mereka yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, kemacetan bisa dikurangi,” ungkap Calon Wali Kota Bandung nomor urut 3, Oded M. Danial di Kawasan Di ponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/4/2018).

Mang Oded, sapaan akrabnya mengatakan untuk penyediaan bus ASN itu merupakan salah satu program untuk menurunkan tingkat kemacetan. Saat ini tercatat ada sekitar 20 ribu ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Dikatakannya kebanyakan dari para ASN memanfaatkan kendaraan pribadi sebagai transportasi utama dari rumah ke kantor-kantor pemerintahan.

Wakil wali kota Bandung non aktif tersebut menjelaskan bahwa, jumlah kendaraan pribadi yang digunakan ASN menuju kantor-kantor pemerintahan cukup masif. Kondisi itu bisa dilihat setiap digelar acara apel atau momentum ASN berkumpul di Balai Kota Bandung.

"Akibat lahan parkir yang tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang digunakan para ASN, maka parkir kendaraan menjadi tidak terkendali. Kendaraan roda empat menumpuk di jalan-jalan utama sekitar Balai Kota Bandung dan berkontribusi pada kemacetan," tuturnya.

Sementara sepeda motor tidak sedikit yang diparkir di trotoar. Warga pejalan kaki pun ikut terganggu dengan kondisi itu.

“Makanya, kami ingin ini ada solusi. Kami ingin warga tetap bisa beraktifitas dengan lancar, sementara kebutuhan transportasi ASN tetap bisa kita penuhi,” ujarnya.

Pada praktiknya nanti, lanjutnya, Pemerintah Kota Bandung akan menandai sejumlah aset kota di perbatasan wilayah. Lahan tersebut nantinya akan dijadikan parkir ASN yang berangkat dari rumah di wilayah Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, serta Kabupaten Bandung Barat bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi parkir tersebut.

Dalam masa operasi, menurutnya bus tersebut akan tersedia di lokasi parkir di perbatasan wilayah itu pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Jumlah ASN yang berada di luar Kota Bandung itu akan didata, untuk kemudian menjadi dasar penyediaan kapasitas bus yang dibutuhkan. Sementara ASN yang tinggal di Kota Bandung bisa naik di rute yang terlewati.

“Misalkan, nanti bus dijadwalkan akan siap dilokasi parkir perbatasan itu pada pukul 05.30 WIB. Kan nanti ASN berangkat dari rumah untuk tepat waktu menuju lokasi parkir itu. Lalu menjemput ASN lain di rute yang terlewati," ucapnya.

Diakuinya, dalam melaksanakan hal tersebut tidak mudah, tapi setelah adanya adaptasi maka akan menjadi lebih ringan dan mudah.

"Awalnya terasa berat, tetapi yakinlah ke depan akan terbiasa. Apalagi jam tidur bisa dilanjutkan di bus. Tiba-tiba sampai di kantor aja. Enggak akan capek macet-macetan,” tambahnya.

Selain itu, dalam pengadaan bus ASN tersebut, Pemerintah Kota Bandung juga bisa bekerja sama dengan swasta dengan skema tertentu.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR