Jadi Tumbal Persaingan di Tubuh Tim

Nasib Pemain yang Dicoret Belum Jelas

Persib

Minggu, 12 Mei 2019 | 17:27 WIB

190512222935-nasib.jpg

pikiran rakyat

KICK Off Kompetisi Liga 1 musim 2019 tinggal menghitung hari. Seluruh tim peserta telah menjalani serangkaian persiapan guna mengarungi kompetisi tersebut, baik uji coba, maupun berlaga di pra musim. Halnya juga yang dilakukan skuat Persib Bandung di bawah arahan Roberts Alberts.

Sejak berada di bawah kendalinya, pasukan Maung Bandung terus mengalami peningkatan performa. Ditambah, komposisi pemain yang ada saat ini menjadi alasan Eks Pelatih PSM Makasar itu merasa optimis menatap setiap laga.

Namun dibalik persiapan itu, menyisakan pula kegalauan bagi beberapa pemain. Dua sampai tiga pemain, kemungkinan besar akan menjadi tumbal persaingan tim, atau dicoret dari daftar skuat Persib musim ini.

Ya, batasan kuota pemain menjadi alasan dasar bagi pelatih maupun manajemen harus memangkas beberapa pemainnya. Dua nama yang sudah dipastikan tersingkir dari skuat Persib musim ini yakni, Fulgensius Billy Paji Keraf dan M. Al Amin Syukur Fisabillah.

Kedua pemain tersebut pun tak masuk dalam daftar pemain yang diperkenalkan saat launching tim Persib di Hotel Savoy Homan, Bandung, Sabtu (11/5/2019) lalu. Padahal, Billy sendiri sebetulnya sudah berlatih bersama Persib setelah kembali dari peminjaman di Borneo FC dan Tim Nasional. Sedangkan Sabil masih dirundung cedera.

Lantas, bagaimana nasib kedua pemain ini setelah terdepak dari Persib mengingat kompetisi akan segera bergulir pada 15 Mei 2019 lusa.

Berbeda dengan Billy yang rencananya akan dipinjamkan ke Bhayangkara FC, nasib M. Fisabillilah (Sabil) masih belum jelas kemana ia akan berlabuh. Padahal dari segi usia, Sabil memiliki potensi yang cukup besar menjadi pemain profesional.

Jika tak mendapatkan klub, bisa jadi ia akan menganggur di musim ini. Atau mungkin saja dipinjamkan hingga dilakukan proses transfer ke klub lain. Semua itu memang belum terjawab secara pasti. Yang jelas, Manajemen mengaku masih terus memikirkan opsi terbaik bagi pemainnya itu.

"Dari Roberts udah kasih informasi bahwa Sabil dan Billy tidak masuk di skema dia, jadi ya kita berusaha untuk meminjamkan kepada klub. Solusi lah, apa itu antara dipinjem atau nanti transfer? kita belum tahu," kata Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono ditemui usai Launching Tim Persib di Hotel Savoy Homan, Bandung, Sabtu (11/5).

Sementara itu, di tempat yang sama, Pelatih Persib, Roberts Albert mengatakan jika kedua pemain tersebut menurut kabar akan dipinjamkan. Namun pastinya, ia masih menunggu kabar dari manajemen.

"Saya pikir oleh manajemen mereka akan dipinjamkan atau ke klub lain," kata pelatih asal Belanda tersebut.

Selain dua pemain itu, satu pemain lagi kemungkinan akan menjadi tumbal. Pasalnya, merujuk pada regulasi, setiap tim peserta Kompetisi Liga 1 hanya bisa mendaftarkan maksimal 30 pemain.

Sedangkan pada launching kemarin, Persib memperkenalkan 31 pemainnya. Artinya, ada satu pemain yang digantung. Hal ini lantaran manajemen dan tim pelatih masih menunggu proses naturalisasi Fabiano Beltrame yang sampai saat ini masih belum rampung.

Namun jika kenyataannya proses naturalisasi pemain berdarah Brasil tersebut beres, dipastikan satu pemain itu akan kembali dicoret.

"Jika Fabiano tidak bisa jadi WNI kita masih ada satu pemain yang available. Tapi jika Fabiano jadi WNI, maka satu pemain tidak bisa bergabung dengan tim," ujar  Roberts Albert.

Disinggung mengenai siapa pemain yang akan dicoret, Roberts enggan berkomentar. Pria asal Belanda itu menyerahkan kepada manajemen, apakah sang pemain dipinjamkan ke tim lain atau dicoret. Yang pasti, sekarang ia sedang menunggu proses naturalisasi Fabiano yang diperkirakan akan rampung pada 22 Mei mendatang.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar tidak menyangkal akan ada pengurangan pemain. Dalam peluncuran tim, Sabtu (11/5), terdapat 31 pemain yang diproyeksikan bakal bertarung di kompetisi musim ini. Beberapa diantaranya merupakan pemain muda.

"Mungkin ada (pengurangan) 3 sampai 4 orang pemain, bisa dipinjamkan atau bagaimana nantinya. Nanti kita lihat bagaimana kata pelatih," ujar Umuh.

Umuh tidak menepis skuat yang diluncurkan ini bisa mengalami perubahan, tergantung dengan yang diinginkan pelatih Roberts Alberts. Saat ini, manajemen memberikan waktu bagi Roberts untuk melihat stok pemain yang ada.

"Belum fix seratus persen. Nanti coach akan lihat dulu dalam beberapa hari ini," ucap Umuh.

Hal senada diutarakan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim. Dirinya menyatakan, seluruh keputusan mengenai pemain diserahkan kepada Pelatih.

"Kita kembalikan kepada coach untuk kebutuhan pemain. Dan secara regulasi, kita sudah punya cukup banyak pemain. Hingga saat ini belum ada permintaan tambahan pemain," singkat Zainuri.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR