Radovic Dukung Liga I Menggunakan Sistem VAR

Persib

Jumat, 22 Maret 2019 | 19:08 WIB

190322190902-radov.jpg

PENGGUNAAN asisten wasit video (VAR) telah dilakukan di beberapa liga dunia, seperti La Liga Spanyol dan Serie A Italia. VAR diperkenalkan saat ajang Piala Dunia 2018 silam oleh FIFA.

Indonesia menjadi negara yang belum menerapkan sistem teknologi yang diklaim bisa meminimalisir kesalahan wasit, yang kerap menjadi kontroversi.

Namun begitu, Pelatih Persib Bandung Milijan Radovic berharap agar kompetisi Liga 1 2019 menggunakan VAR, karena miliki manfaat cukup besar.

"Kalau lihat kemarin kalian nonton berapa game selalu offside atau bola telah lewat garis gawang, dan kadang-kadang pemain dipukul. Tapi, kalau dengan VAR, keputusan bisa 100 persen berbeda," ujar Radovic, di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Jumat (22/3).

Dirinya mencontohkan pengalaman saat Persib menghadapi PS Tira-Persikabo di Piala Presiden lalu. Radovic mengklaim, seharusnya Maung Bandung mendapatkan 3-4 hadiah penalti. Bila ada VAR, dirinya menyebut, anak asuhnya bisa menang lebih dari 4-0.

"Saya dulu pikir VAR tidak bagus ya, karena ini sepak bola. Tapi itu waktu baru muncul. Kalau untuk Indonesia bisa membuat kualitas sepakbolanya bagus. Karena VAR bantu wasit, bantu pemain, bantu pelatih, bantu suporter, karena clear. Jika ada offside, itu 100 persen benar," tandas Radovic.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR