Persiwa Ancam Tak Datang, Persib Fokus Latihan

Persib

Kamis, 7 Februari 2019 | 18:48 WIB

190207185002-persi.jpg

Muhammad Rizal Yakub

Persib latihan di Stadion Siliwangi

PERSIB Bandung tak akan terpengaruh dengan adanya informasi yang menyebutkan bahwa Persiwa Wamena berencana untuk tidak akan datang bertanding ke Bandung pada Senin (11/2) mendatang. Tim berjuluk Badai Pegunungan ini bahkan mengancam Walkout (WO) dari Piala Indonesia.

Aksi ini dilakukan lantaran buntut dari penundaan jadwal pertandingan babak 32 besar leg kedua Piala Indonesia 2019 antara tuan rumah Persib Bandung menjamu Persiwa Wamena yang sedianya digelar pada Senin 4 Februari lalu.

Dalam keterangannya, Persiwa merasa keberatan dan mengajukan protes dengan adanya pengunduran jadwal pertandingan. Pasalnya, pemberitahuan penundaan laga tidak dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada.

"Kami sangat kecewa (keputusan PSSI, kenapa regulasi tidak bisa ditaati ya. Keinginan Persiwa PSSI tetap menjalankan regulasi," kata Manajer Tim Persiwa Wamena, Borgo Pana saat dihubungi via telepon genggam, Kamis (7/2/2019).

Pihak Persiwa sendiri rencananya akan kembali mengajukan surat protes kepada PSSI termasuk membeberkan kerugian materi atas tertundanya laga melawan Persib Bandung.

"Kami masih protes hasil keputusan PSSI, kami akan bersurat hari ini. Kami juga mengirimkan kerugian yang kita alami karena penundaan," ungkap dia.

Pihaknya memberikan tenggat waktu kepada PSSI untuk merespon protes Persiwa. Jika tidak ada respon, Persiwa akan walkout dari Piala Indonesia."Kami ingin melihat keadilan untuk Persiwa. Kita tunggu sampai Sabtu. Kalau tidak ada respon, kami tidak akan datang (ke Bandung)," ujarnya.

Pelatih Fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya sendiri mengaku pihaknya tidak mau terpengaruh dengan adanya informasi tersebut. Sebagai tim yang sudah malang melintang di persepakbolaan tanah air, skuat Persib memilih fokus pada jadwal pertandingan nanti.

"Kami bukan tim baru yang mendengar isu ini jadi terpengaruh. Kita tetap fokus di tanggal 11 nanti. Soal WO itu urusan mereka, mau main atau ngga tapi kita tetap fokus," ujar Yaya.

Namun jika kemungkinan itu terjadi, pihaknya akan sudah mempersiapkan opsi lain agar para pemain tidak mengalami kejenuhan. Salah satunya dengan menggelar game internal.

"Seperti kemarin ada informasi main tanggal sekian, tapi ternyata ngga, jadi kkta ganti dengan game internal. Namun tentunya kita lihat nanti beberapa hari ke depan, kalau pun emang ia, tentunya ada pengganti pertandingan," ucapnya.

Yaya melanjutkan, beberapa hari ini tim pelatih memang tengah menggenjot fisik para pemainnya. Libur panjang kompetisi serta baru kembalinya beberapa punggawa Persib membuat tim pelatih wajib mengembalikan stamina para pemain.

"Kndisi fisik seperti yang saya sampaikan dahulu, ini program selama satu bulan pramusim, kita masih dalam tahap itu. Tapi, tidak berarti pertandingan jadi tidak penting. Pertandingan juga penting. Untuk itu, kita coba persiapkan kondisi fisik, teknik, kemudian taktik,” ungkap Yaya dalam sesi latihan Kamis 7 Februari 2019 pagi.

Lebih lanjut, pelatih berlisensi AFC A itu mengungkapkan, skuat Pangeran Biru memang sedang menurunkan tempo dan intensitas latihan fisik. Bahkan mulai Jumat 8 Februari 2019, Supardi Nasir cs hanya akan menjalani sekali latihan dalam sehari demi mempersiapkan laga melawan Persiwa Wamena yang akan digelar Senin 11 Februari 2019.

"Untuk beberapa hari ini memang sudah kita turunkan. Jumat besok, Sabtu, Minggu kita hanya akan latihan sekali. Artinya ada penurunan, tetapi dengan intensitas yang tentunya berbeda. Dan ini menjadi sinyal kalau kita berusaha mempersiapkan diri untuk hari Senin," pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR