Si Jalak Harupat Siap Digunakan Pertandingan Persib vs Persiwa

Persib

Rabu, 6 Februari 2019 | 17:12 WIB

190206171437-si-ja.jpg

bolasport

STADION Si Jalak Harupat (SJH) dipastikan sudah siap seratus persen untuk menggelar pertandingan Piala Indonesia Persib Bandung vs Persiwa Wamena, Senin (11/2/2019). Setelah perawatan rutin yang dilakukan beberapa waktu lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung menjamin kondisi rumput sudah seperti saat stadion tersebut digunakan untuk laga Asian Games 2018 lalu.

Kepala Dispora Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana mengatakan, Stadion Si Jalak Harupat sebenarnya sudah siap sejak Persib direncanakan menjamu Persiwa pada 4 Februari 2019 lalu. "Kondisi stadion tidak ada kerusakan apapun dan jika pertandingan jadi digelar 4 Februari pun, pemeliharaan rumput sudah selesai," ujarnya saat ditemui wartawan piliran rakyat, Handri Handriansyah, Rabu (6/2/2019).

Menurut Slamet, stadion SJH memang sempat digunakan oleh beberapa klub anggota Asosiasi PSSI Kabupaten Bandung (Askab). Hal itu bertujuan untuk memberi kesempatan kepada putra daerah untuk merasakan bermain di stadion bertaraf internasional.

Meskipun demikian, pengawasan dan perawatan rutin yang dilakukan selama ini membuat kondisi stadion tetap terjaga prima. Tak ada kerusakan sedikitpun pada lapangan maupun fasilitas stadion lainnya.

Terkait rencana laga Persib, Slamet menegaskan bahwa pihaknya pun saat ini sudah mengantongi surat permohonan dari PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Bahkan Rabu siang, dirinya tengah membuat rekomendasi untuk langsung dilayangkan ke PT PBB sebagai balasan bahwa Stadion Si Jalak Harupat siap digunakan.

2.554 Personel Keamanan

Di tempat terpisah, Kapolres Bandung Ajun Komisaris Besar Indra Hermawan mengaku pihaknya siap mengamankan laga Persib vs Persiwa di Stadion Si Jalak Harupat. "Kami tinggal menunggu kepastian soal kondisi lapangan dari Pemkab Bandung," ujarnya.

Jika rekomendasi soal kesiapan lapangan sudah diterima, kata Indra, pihaknya pun siap memberikan izin dan mengerahkan personel untuk mengamankan laga. Namun izin tersebut baru akan dipastikan setelah rapat koordinasi antara Polres, Pemkab Bandung dan Panpel Persib yang rencananya digelar Kamis (7/2/2019).

Sama seperti Slamet, Indra pun mengaku sudah menerima surat permohonan izin dan pengamanan dari Panpel Persib. "Surat itu ditindaklanjuti dengan rakor Kamis," ujarnya.


Sebelum menerima surat resmi secara langsung dari Pemkab soal kesiapan stadion, Indra tak mau berandai-andai. Oleh karena itu ia tetap menunggu hasil inspeksi Pemkab sebelum mengeluarkan izin.

Meskipun demikian
pada prinsipnya Indra sudah menyatakan kesiapan untuk memberi izin dan mengamankan laga 32 Besar Piala Indonesia tersebut. Bahkan ia mengaku sudah berkoordinasi dengan TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan beberapa unsur lain untuk pengamanan gabungan.

"Anggota gabungan yang disiapkan kurang lebih sebanyak 2.554 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan yang lainnya.
Namun keputusannya tetap nanti setelah rakor yang dihadiri oleh Panpel Persib, kedua manajemen tim dan supporter," kata Indra.

Tak hanya pengamanan di dalam stadion, jumlah itu juga akan disebar di beberapa titik di luar stadion. Tidak terkecuali akses pintu tol Soroja yang untuk pertama kalinya akan digunakan oleh para bobotoh ketika akan menyaksikan langsung laga tim kesayangan mereka.

Di sisi lain, Indra berharap bobotoh untuk bisa tertib dan santun jika laga jadi digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

"Kepada semua saudara-saudara kami para bobotoh yang pastinya mendukung Persib juara, tunjukkan bahwa bobotoh supporter yang santun. Tunjukkan kepada semua bahwa bobotoh bisa mendukung Persib dengan baik," ucapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR