Persib Coba Andalkan Passing Pendek

Persib

Selasa, 22 Januari 2019 | 20:15 WIB

190122201728-persi.jpg

Darma Legi

DIIRINGI rintik hujan yang membasahi seluruh kawasan komplek stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (22/1/) sore, para penggawa Persib Bandung melangsungkan game internal perdananya. Dalam sesi tersebut, terlihat "Maung Bandung" ditukangi oleh ketiga asisten Miljan Radovic yaitu, Dejan Milzanic,

Selain kehadrian trio asisten, para pemain anyar rekrutan Persib musim ini, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Frets Butuan, Zalnaldo, Esteban Vizcara, dan Srdjan Lopicic turut hadir dalam gim tersebut. Total keseluruhan pemain yang hadir ada 22 pemain, hanya minus Supardi, Deden Natsir, dan Ghozali Siregar yang sedang menjalani ibadah umroh, serta Bojan Malisic yang masih belum menampakan batang hidungnya sejak libur kompetisi lalu.

Meski begitu, ada sesuatu yang berbeda dalam sesi latihan kali ini. Perbedaan tersebut berada pada alur permainan skuat "Maung Bandung". Pada era pelatih sebelumnya, Roberto Carlos Mario Gomez, gaya bermain Persib mengandalkan passing pendek antar pemain, khususnya di lini tengah.

Sekarang pada era Miljan Radovic, permainan Febri dkk tak hanya mengandalkan passing pendek antar pemain. Dejan yang mewakili yang pelatih menginstruksikan pergerakan cepat para pemain di dalam lapangan. Hasilnya, alur serangan "Maung Bandung" menjadi lebih cepat.

Terpantau galamedianews.com, penggawa Persib hanya membutuhkan 19 kali passing untuk merangsek ke jantung pertahanan lawan.

Melihat hasil kinerja tersebut, asisten pelatih, Yaya Sunarya mengapresiasi kemampuan pasukan Persib dalam gim internal kali ini. Bahkan pria kelahiran Bandung, 22 Maret 1973, itu menyebutkan timnya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh jajaran pelatih.

"Saya sangat senang di hari ke 8 ini dalam gim internal ini ada hal yang bisa diambil terutama posisi pemain dan alur bola yang cepat," ungkapnya.

Meskipun game tersebut berjalan sesuai dengan harapan pelatih, ternyata tidak serta merta membuat para pemain tidak mendapatkan evaluasi. Pasalnya, pemain anyar "Maung Bandung" Esteban Vizcara belum bisa melayani bomber subur musim lalu, Ezechiel N'Douassel yang diplot sebagai target man di sektor penyerangan.

Terlebih beberapa kali terpantau pemain asal Chad ini mengeluh akibat salah komunikasi dengan pemain naturalisasi tersebut. Hasilnya, seperti musim lalu, Ezechiel kembali bergerak melebar ke sektor sayap untuk memberikan ruang kepada Esteban yang datang dari lini serang kedua serdadu "Maung Bandung".

"Itu jadi evaluasi kedepannya, yang harus di rubah bagai mana pemain membangun kesempatan mencetak gol di dalam lapangan," jelasnya

Akan tetapi, hal yang mengejutkan dalam sesi gim internal tersebut adalah sosok Lopicic yang mampu bermain efektif dalam mengatur serangan Persib. Gelandang asal Montenegro tersebut bahkan mampu mencatatkan asist kepada pemain muda "Maung Bandung" Beckham Putra untuk melesakan gol ke jala Aqil Saviq. Tak hanya sampai disitu, pemain berusia 35 tahun ini juga mampu menceploskan satu gol setelah mengkonversikan umpan matang dari Esteban Vizcara.

Tetapi hanya satu kekurangan Lopicic dalam gim kali ini, yaitu daya jelajah lapangan. Bahkan, mantan pemain Borneo Fc itu kalah oleh Kim Jeffrey, Hariyono, Abdul Aziz dan Syafril Lestaluhu yang mampu mengekspolrasi serangan Persib dalam sesi gim tersebut.

Pada akhirnya, gelaran game internal ini sekaligus jadi ajang seleksi untuk memilih pemain yang akan bertarung dibabak 32 besar Piala Indonesia tanggal 27 Januari nanti menghadapi Persiwa Wamena di Cilacap, Jawa Tengah. Yaya pun mengutarakan bahwa dalam untuk ajang tersebut semua penggawa "Maung Bandung" memiliki kesempatan yang besar untuk mengisi posisi inti. Terlebih ia juga menegaskan bahwa Persib Bandung tidak memiliki pemain bintang.

"Tidak ada pemain senior dan junior di sini. Kalau pun nanti ada pemain muda yang diturunkan berarti pemain itu sudah bekerja keras demi mencapai hasil tersebut. Semua memiliki kesempatan yang sama," tutupnya. (Ray Ilham)

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR